Monday, September 11, 2017

Lembaga Kebudayaan Desa Pejambon Meriahkan Hari Puisi Indonesia 2017

    Monday, September 11, 2017   No comments

Oleh: Gampang Prawoto


suarabojonegoro.com - Tema "Sastra Merambah Desa" dalam Peringatan Hari Puisi Indonesia 2017  tenyata masih sangat relevan bila karya sastra dikemas menjadi sebuah pertunjukan  seperti yang dilakukan oleh "Sanggar Sastrowidjojo"  bertempat di gasebo taman desa Pejambon kecamatan Sumberrejo sabtu 09/09/2017.

Acara diikuti oleh semua anggota sanggar dan berlangsung meriah, hadir  juga seluruh jajaran Pemdes, Tokoh masyarakat, Pemuda, dan para pamarsudi puisi dari beberapa kecamatan sekitar  mulai Kanor, Balen, Kedungadem, Baureno, datang juga pecinta sastra  dari Modo Lamongan.

Kepala Desa Pejambon Abd. Rokhman   dalam sambutan pembukaan acara ” Saya mendukung penuh dengan kegiatan ini  karena apa yang dilakukan oleh Sanggar Sastrowidjojo adalah bagian dari Lembaga Kebudayaan Desa “.

Agung Setio Budi  ketua panitia penyelenggara yang masih berstatus mahasiswa Unisda Lamongan itu menyampaikan harapannya ”Semoga cara ini bisa berlangsung rutin setiap bulan yang nantinya bisa menggali bakat dan potensi anak anak muda di desa Pejambon atau desa sekitar  untuk semakin mecintai sastra Indonesia khususnya puisi “.

Peserta satu-persatu mengexpresikan dirinya membaca puisi atau gurit, selain mengiringi  baca puisi anggota sanggar yang tergabung dalam musik kretif dengan personil  (Fadil, Budi Reza, dan Edy),  juga menyuguhkan musikalisasi puisi.  Justru yang sangat terkesan saat anak-anak membaca puisi seperti;  Iwan P, Keysha MA, dan Ozza (9 th) dari Margomulyo Balen yang membacakan puisi  "Diponegoro" karya Chairil Anwar dengan  sangat menjiwai isi dan penuh ekspresi yang membuat  kagum penonton dan sontak memberikan tepuk tangan.

"Ternyata acara  baca puisi di kampung juga bisa meriah dan kidmat bahkan mendapat apresiasi yang luarbiasa", kata Aris Rizal salah satu peserta dari  Wire Baureno  saat  acara baru saja usai. (JW) 

No comments:
Write comments