Monday, September 18, 2017

Pelatihan Kepemanduan Wisata, Maksimalkan Tour Guide

    Monday, September 18, 2017   No comments

Reporter : Andri Yanto

suarabojonegoro.com - Meningkatnya tingkat layanan kepada wisatawan di harapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Senin (18/9/2017).

Kata Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Kelembagaan pariwisata dan budaya, Dyah Enggarini Mukti lewat Pelatihan Kepemanduan Wisata tahun 2017 pesertanya akan di berikan bekal pengetahuan dan kemampuan agar mampu mengembangkan kemampuan SDM Pramuwisata.

"Selain itu memberikan pemahaman tentang teknik dan etika untuk menjadi Pramuwisata yang baik," kata Enggar sapaannya.

Disamping itu menurut dia pelatihan ini diharapkan bisa di manfaatkan untuk bertukan informasi dan potensi wisata di daerahnya antar peserta.

"Misalnya seperti ini jika ada wisatawan tidak hanya di ajak ke Agrowisata Blimbing saja akan tetapi dapat di tunjukkan ke wisata selanjutnya," kata dia.

Dari 30 peserta yang di ambil dari usur Pokdarwis, Biro Perjalanan Wisata, Pendamping Agropolitan, Pendamping Wisata, dan Pengelola Obyek Wisata yang nantinya akan saling berkoordinasi satu sama lain.

"Terbentuknya forum komunikasi antar Pramuwisata dan Pokdarwis sebagai jejaring pemasaran pariwisata," lanjutnya.

Sementara itu pelatihan ini akan di lanjutkan besok pada (19/9/2017) dengan materi terakhir yakni, tentang Demonstrasi memandu di obyek wisata susur sungai bengawan solo dan petik Blimbing di desa Mojo, kecamatan Kalitidu.

Sebelumnya materi yang di berikan ialah Pengantar pelatihan pemandu wisata, dasar kepemanduan dan pelayanan prima dengan narasumber Dosen D4 Destinasi Pariwisata dari Poltek Malang, Andi Yuwono.

Berikutnya Dasar Dasar Kepemanduan wisata, kode etik kepemanduan dan cara menangani komplain yang di sampaikan oleh Dosen D3 Pariwisata Unmer Malang, Heri Mujiono.(and/red)

No comments:
Write comments