Saturday, September 30, 2017

Pudji Dewanto : Pemuda Harus Amalkan Pancasila

    Saturday, September 30, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com - Pancasila saat ini, cenderung hanya dihafalkan dan dijadikan hiasan. Namun, tidak dihayati apalagi diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disampaikan oleh Pudji Dewanto, melalui media suarabojonegoro.com ini dirinya mengajak para generasi muda khususnya bagi para pemuda Bojonegoro, untuk menghayati serta mengamalkan nilai luhur Pancasila. Sabtu (23/09/17).

"Pancasila adalah komitmen teguh dari semua elemen Bangsa untuk hidup bersama. Menjalin kasih sayang dan empati dan mengutamakan musyawarah dengan dijiwai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga tercipta Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata pria yang akrab disapa Kang PD ini.

Alumni Fakultas Hukum Brawijaya ini mengugkapkan bahwa Pancasila adalah rahmat yang tiada tara yang mempersatukan sekian ratus keragaman. Arab yang cenderung homogen, justru saat ini terjebak perang tanpa ujung yang mencerai-beraikan umat Islam.

"Untuk itu, Pemuda harus mau menelusuri sejarah perjuangan bangsa yang penuh nilai luhur dan keunikan dibanding bangsa lain. Termasuk sejarah lahirnya Pancasila. Dari proses penelusuran sejarah", ujarnya.

Pria yang bekerja sebagai Konsultan Kehutanan ini ingin mengajak seluruh masyarakat Bojonegoro, khususnya bagi para pemuda untuk melakukan penghayatan terhadap masing-masingsila. Sehingga Pancasila benar-benar merasuk di dalam jiwa dan menjadi cara pandang terhadap dunia. Sekaligus menjadi pusat pengendalian diri dalam setiap perbuatan.

"Pemuda menjadi sosok sentral yang paling bisa diharapkan memperbaiki keretakan-keretakan bangsa akibat tidak diamalkannya Pancasila. Khususnya dikalangan mahasiswa. Oleh karena itu, pemuda hari ini harus segera melakukan tahapan-tahapan penghayatan dan pengamalan Pancasila", pungkasnya pria yang pernah mengenyam pendidikan di SDN Kadipaten 2 ini. (Bim/red).

No comments:
Write comments