Tuesday, September 19, 2017

PUTU AYU BEKATUL, ANTAR DHARMA WANITA SMKN 5 RAIH JUARA 2 LOMBA MAKANAN TRADISIONAL TINGKAT KABUPATEN

    Tuesday, September 19, 2017   No comments

Reporter : Burhanudin Joe

suarabojonegoro.com - Paguyuban Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekolah  Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro akhirnya meraih  juara 2 dalam Lomba Olahan Makanan Tradisional tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh DWP Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro, di Gedung Olah Raga (GOR) Sekolah Model Terpadu (SMT) yang berada di Desa Sukowati, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Selasa (19/9/2017).

Dalam lomba tersebut DWP SMKN 5 mempersembahkan makanan tradisional berupa Kue Putu Ayu Bekatul.

Suryani Suyono, Ketua DWP SMKN 5 menjelaskan bahwa kreatifitas kue berbahan dasar bekatul didasari karena kandungan gizinya yang sangat tinggi. "Karena minimnya informasi tentang cara pengolahan bekatul, sangat jarang masyarakat memanfaatkan bekatul dijadikan bahan olahan makanan. Padahal di dalam bekatul, terkandung gizi yang tinggi," jelas Suryani.

Suryani menambahkan bahwa alasan DWP SMKN 5 mengolah bekatul, selain sebuah inovasi adalah untuk mensosialisasikan cara pengolahan bekatul kepada masyarakat. "Inovasi dan kreatifitas DWP SMKN 5 adalah sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi tentang pengolahan bekatul kepada masyarakat," pungkas Suryani.

Pelaksanaan Lomba Olahan Makanan Tradisional bersamaan dengan Kunjungan Kerja Ketua DWP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Atiek Saiful Rahman, SE, M.M. di Bojonegoro.

Dalam lomba yang diikuti oleh sekitar 50 perwakilan Paguyuban DWP di lingkup DWP Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tersebut dimulai pukul 09.00 WIB.

Inilah hasil Lomba Olahan Makanan Tradisional tingkat Kabupaten yang diselenggarakan DPW Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro :
- Juara 1 : SMAN Model Terpadu
- Juara 2 : SMKN 5 Bojonegoro
- Juara 3 : SMKN 4 Bojonegoro
- Juara Harapan 1 : SMKN 1 Bojonegoro
- Juara Harapan 2 : SMKN Kanor

(joe/red)

No comments:
Write comments