Friday, October 6, 2017

Arief Boedijono : BumDes Yang Bagus Dapat Mensejahterakan Masyarakat

    Friday, October 06, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com - Badan usaha milik desa (BUMDes) bakal menjadi program andalan bagi bakal calon Bupati ini. Arief Boedijono ingin mendorong agar setiap desa memiliki BUMDes yang bagus, dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat desa. Jumat (06/10/17).

Kata Arief program BUMDes merupakan amanah dari undang-undang. Desa wajib memberikan alokasi anggaran kepada BUMDes sebagai modal awal.

”Ini perintah undang-undang, seharusnya setiap desa membantu permodalannya,” Kata Alumni ITS tersebut.
Menurutnya BUMDes juga akan bermanfaat menambah pendapatan asli desa (PAD) jika berhasil. Selain itu akan mendorong perekonomian di desa,dan terbukanya lapangan kerja.
Dari data dinas perindustrian dan ketenagakerjaan kabupaten Bojonegoro angka pengangguran di kabupaten Bojonegoro pada pertengahan tahun 2017 ini masih berada di kisaran 22 ribu jiwa.

Hal itu menjadi keprihatinan juga bagi Arief, untuk mengurangi pengangguran salah satunya melalui program BUMDes.
Sebanyak 419 desa yang ada di Bojonegoro akan didorong memiliki BUMDes yang berkualitas. Menurutnya kebijakan anggaran di kabupaten Bojonegoro perlu diperbaiki.

” Uangnya ada, tapi tidak diarahkan ke program seperti ini,” Tegasnya.
Arief mengatakan potensi sumber daya alam yang dimiliki kabupaten Bojonegoro sangat besar. Banyak peluang yang mesti ditangkap masyarakat, salah satunya BUMDes bisa memfasilitasi hal tersebut. (ADV) 

No comments:
Write comments