Wednesday, October 4, 2017

Desainer Ini Tampilkan Batik Bojonegoro Di IIFW Malaysia

    Wednesday, October 04, 2017   No comments

Reporter : Andri Yanto

suarabojonegoro.com - Saat acara International Ipoh Fashion Week (IIFW) 2017 nanti, yakni 6 sampai 8 Oktober 2017 di Perak, Malaysia.

Martini Suarsa (38), Fashion Designer asal Jakarta akan membawa pakaian tradisional Indonesia dengan tema Batik of Indonesia - The Beauty of Bojonegoro Culture. Menurut dia IIFW 2017 tersebut di ikuti Fashion Designer dari 5 negara antara lain India, Australia, China, Singapura, dan Indonesia.

Lantas apa alasan dia mengambil motif batik Bojonegoro, tentu menjadi pertanyaan bagi sejumlah kalangan.

Waktu itu, beberapa bulan lalu dia bertemu dengan Mahfudloh Suyoto istri Bupati Bojonegoro Suyoto atau kerap di sapa Kang Yoto, saat event di Palembang.

Dia bergumam tentang keunikan batik khas Bojonegoro itu ketika melihat baju yang di kenakan Istri Bupati. "Saya kepengen tahu baju batik yang di pakai itu motifnya apa," kata dia, Selasa (3/10/2017) menceritakan pertemuannya dengan Istri Bupati, sebelum dia memilih batik khas Bojonegoro yang di bawanya dalam event nanti.

Mahfudloh mengatakan bahwa batik ini bermotif Rosela. Sehingga Designer berdarah Palembang Sunda ingin mengetahui tentang motif tersebut.

"Kenapa motifnya Rosela, tanyaku kan. terus di jawab ini karena di Bojonegoro tidak sulit menjumpai tanaman itu," ujar Martini.

Ternyata, menurut dia bukan hanya motif rosela saja yang dapat di jumpai di Bojonegoro. Tapi setelah di tawari Mahfudloh agar dapat membuat desain pakaian batik, dia sangat mengagumi motif motif batik Bojonegoro.

Dia juga mampu menyebutkan motif motif batik Bojonegoro. Ada motif sapi, padi (pari sumilak), daun jati (sekar jati), dan tembakau (Gondo Wangi), yang memang menurutnya kesemuanya itu dapat di jumpai di Bojonegoro.

"Jadi semua motif batik Bojonegoro itu menceritakan tenatang apa yang ada. So, all about Bojonegoro," jelasnya. Sehingga perempuan dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas Design Batik seluruh Indonesia itu datang ke Bojonegoro.

"Dan sekarang mementori 4 orang dari 12 pemenang Bojonegoro Fashion and Art Awards 2017," ternganya.

Selanjutnya jelang event yang di gelar World Wonder Capaign IIFW 2017 itu dia akan mempersiapkan 8 gaun ekslusif batik khas Bojonegoro yang akan di kenakan Mrs Maya Malar National Director at Junior Model International pada acara pembukaan dan penutupan.(and/red)

No comments:
Write comments