Sunday, October 29, 2017

Ini Pesan Revolusi Mental dalam Pertunjukan Wayang di Bojonegoro

    Sunday, October 29, 2017   No comments

Reporter: Arum Sekar

suarabojonegoro.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama H. Abidin Fikri, S.H., M.H. selaku Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan menyelenggarakan dialog dan pertunjukkan rakyat wayang kulit di Desa Dander, Bojonegoro, Sabtu (28/10/2017). Ribuan warga tampak memadati areal pertunjukan wayang yang bertema “Pembangunan Karakter Nasional yang Berjiwa Pancasila dalam Bingkai Gerakan Nasional Revolusi Mental”.


“Pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Canggih Triatmaja mengambil lakon “Wiratha Parwa” bertujuan untuk menguatkan pembangunan karakter bangsa, melalui penanaman nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Gerakan Nasional Revolusi Mental,” ungkap Abidin Fikri.


Dalam dialog Abidin Fikri menerangkan bahwa mari kita kembali pada ajaran Bung Karno, yaitu “Revolusi mental merupakan satu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala”, Tegas Abidin.


“Maka mari kita amalkan nilai revolusi mental dalam 3 hal, integritas, etos kerja dan gotong royong yaitu menguatkan jiwa Pancasila, usaha bersama, bermusyawarah untuk mufakat dan mengutamakan kepentingan bersama”, ajak Abidin.


Ismail Cawidu, Msi. selaku Narasumber dari Kominfo mengatakan bahwa “agenda ini merupakan strategi kebudayaan dalam membangun karakter bangsa, melalui pertunjukan wayang ini kami berharap masyarakat dapat dengan mudah memahami pendidikan karakter nasional yang berjiwa Pancasila dalam bingkai gerakan nasional revolusi mental yang mentransformasikan cara berpikir, cara kerja dan cara hidup ke arah karakter integritas, etos kerja dan gotong royong dengan merujuk pada tujuan nasional”, Kata Ismail.


Drs. Budi Irawanto, M.Pd selaku tokoh masyarakat dalam acara dialog tersebut mengutarakan apresiasi kepada segenap elemen pemerintahan dan masyarakat Bojonegoro yang sangat antusias membangkitkan semangat kebudayaan di Bojonegoro.


“Mari kita sebagai masyarakat punya semangat percaya diri pada kemampuan sendiri sebagai bangsa dan marilah kita menguatkan rasa optimisme dengan daya kreatif di kalangan rakyat dalam menghadapi rintangan dan kesulitan-kesulitan bermasyarakat dan bernegara”, ajak Budi Irawanto yang juga anggota DPRD Kab. Bojonegoro tersebut. (Rum) 

No comments:
Write comments