Sunday, October 29, 2017

JADILAH MAHASISWA YANG IDEAL DAN KRITIS

    Sunday, October 29, 2017   No comments

Oleh: Riris  Nur Hidayah 

suarabojonegoro.com - Dalam ranah kehidupan yang semakin maju mahasiswa disebut juga Agent Of Change karena mahasiswa mampu merubah sesuatu menjadi hasil yang luar biasa, mahasiswa tidak hanya menjadi anak kuliahan saja namun juga menjadi bagian dari dunia pendidikan yang akan dijalaninya jika sudah lulus nanti.
     
Mahasiswa berbeda dengan siswa karena siswa itu hanya sebutan untuk anak SD, SMP dan SMA sedangkan mahasiswa tingkatannya itu lebih tinggi dari siswa sebab mahasiswa ilmu pengetahuannya lebih tinggi dan wawasan pendidikannya lebih aktif dan lebih rumit dari siswa. Karea pengertian mahasiswa secara umum adalahsebutan bagi oraang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi yang tediri atas sekolah tinggi, akademi dan yang paling umum adalah universitas.
     
Dalam lingkungan mahasiswa kita harus bisa menjadi ideal dan kritis  dalam dua hal tersebut  ada persaingan dan tahapan-tahapan yang harus dihadapi dan di jalani, karena jika kita tidak maju terus bagaimana nasib masa depan yang akan datang sebab ilmu yang kita dapat menentukan masa depan yang akan di hadapi nanti.
   
Menjadi mahasiswa yang ideal dan kritis itu tidak semudah yang kita bayangkan sebab banyak sekali tahapan-tahapann yang harus  lalui. Menjadi mahasiswa yang ideal itu membutuhkan kesiapan mental sebab  tidak hanya kaita yang menginginkan di posisi itu . Dikatakan mahasiswa yang ideal yaitu mahasiswa yang mampu menguasai dalam ruang lingkup lingkungan, memahami situasi yang tengha terjadi, rendah hati dan tidak menyombongkan yang bukan milik kita sendiri suka membantu sesama meskipun penampilan sederhana tetap tidak menjadi  masalah untuk tetap maju dan  sebagai mahasiswa harus bisa membuktikan suatu hal itu menjafi sesuatu yang menakjubkan.  Buat apa jika menjadi mahasiswa yang ideal tetapi tidak digunakan dengan semestinya.
   
Kita hidup di dunia ini mempumyai pedoman yaitu pada agama dan ilmu sebab ilmu tanpa agama itu buta sedangkan agama tanpa ilmu itu hampa ingat jangan sia-siakan yang diberikan kepada allah untuk kita meskipun porsinya berbeda-beda dan meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing itu jangan jadikan hal tersebut menjadi penghalang untuk tetap melangkah ke depan. Dikatakan mahasiswa yang kritis bila kalian  mampu memecahkan masalah sesulit apapun karena kritis bisa diartikan mendalam maksudya ada seseorang yang mempunyai masalah jika orang itu bertanya bagaimana solusinya sebelum menjawab kita  harus tahu inti dari permasalahan itu supaya bisa menjawab solusi itu dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalah pahaman tersebut, maka dari itu jadilah mahasiswa yang ideal dan kritis sesuai kemampuan yang kita  miliki. Tunjukan kepada dunia bahwa kalia mampu menjadi mahasiswa yang lebih ideal dari mereka.

*) Penulis Adalah Mahasiswa IKIP PGRI BOJONEGORO program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Lahir di Semarang, 11 juli 1997, alamat desa kamolan kabupaten BLORA 

No comments:
Write comments