Monday, October 30, 2017

JATI DIRI

    Monday, October 30, 2017   No comments

Oleh: Monica Putri Anjani

suarabojonegoro.com - Menjadi diri sendiri adalah suatu kebanggaan tersendiri, dimana kita dapat mengerti dan memahami apa arti kehidupan ini maka kita dapat menentukan karaktek diri kita. Dengan adanya perubahan jaman jati diri ita juga bisa berubah. Jati diri kita sebagai manusia adalah dengan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, dari pengalaman yang kita dapatkan maka jati diri kita akan terbentuk. Melalui pengalaman yang panjang maka tingkah laku yang kita lakuan semakin banyak, maka dari itu mari kita mencari pengalaman sebanyak – banyaknya dan mari kita tunjukan kepada dunia bahwa kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

Semuanya memang masih menjadi misteri disaat kita sudah menjadi diri kita sendiri dan sudah menemukan jati diri kita banyak orang yang meragukan kemampuan kita, hal tersebut memanglah wajar, terkadang memang banyak orang yang membenci kita dari pada yang menyayangi kita, oleh karena itu percaya diri dan yakin adalah kunci yang utama, dengan percaya diri semangat dari diri kita juga akan meningkat. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dan jati diri yang berbeda apalagi soal keberhasilan.

Kita dapat menemukan jati diri kita dari banya hal, bisa di sekolah, rumah, kampus, tempat tinggal kita atau bahan di lingkungan masyarakat yang kita tinggali. Mungin saja kita juga dapat menemukan jati diri bukan ditempat yang ramai saja melaikan ditempat yang sepi misalnya di sawah, di hutan pun kita juga bisa dapat menemukan jati diri kita. Dengan menemukan jati diri kita bisa hidup lebih baik lagi dan bisa berfikir lebih baik lagi bahwa tindakan yang kita lakukan itu baik atau buruk. Dari jati diri ini dapat merasakan pengalaman hidup yang meluas dan menyenangan, bukan untuk diri kita sendiri melainkan untuk orang lain di sekitar kita dengan itu seseorang dapat menghargai kita.

Dengan jati diri yang timbul dari diri ita maka percaya diri dari diri kita juga akan muncul. Bukan karena cantik, tampan, ataupun kaya, miskin melainkan rasa yakin dan semangat yang harus ita terapkan pada diri kita. Dan bicara kaitannya dengan keberhasilan, banyak orang yang mengatakan keberhasilan atau kesuksesan itu tergantung bejo atau tidaknya diri kita. Hal tersebut memanglah benar, terkadang kita sudah berusaha,berdoa dan semangat tetapi masih saja gagal, dan jika menurutku walaupun gagal dan kurang bejo kita tidak boleh patah semangat, dan menyerah begitu saja. Bahwa kesusesan dan keberhasilan itu bukan hanya datang satu kali tapi bisa berulang kali jika kita terus mencoba dan bersemangat.

Jadi jika kalian memiliki rasa percaya diri dan bersemangat maka jangan lupakan juga untuk tidak sombong, harus selalu rendah hati, berfiir positif dan jangan terlalu over juga percaya dirinya. Intinya selalu bersemangat, temukan jati diri mu dan raihlah kesuksesanmu bukan untuk kepuasan diri kita sendiri melainan untuk orang yang kita sayangi agar merasa bangga kepada kita. Dan bukan itu saja kita juga harus jujur dalam melakukan  semua hal. Semangat kawan. (*)


*) Penulis Adalah Mahasiswa dari IKIP PGRI BOJONEGORO program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Lahir di Blora 04 April 1998.

No comments:
Write comments