Wednesday, October 25, 2017

Kesopanan Remaja Di Dewasa Ini

    Wednesday, October 25, 2017   No comments

Oleh: Dwi Wahyu Oktavia

suarabojonegoro.com - Kesopanan yang biasanya disebut dengan sopan satun adalah hal yang paling utama didalam bersosialisasi, manusia disebut makhluk sosial karena mereka tidak dapat hidup dengan berkomunikasi atau berinteraksi di dalam hidupnya.kesopanan terjadi di setiap kehidupan ataupun kelompok, kesopanan antara orang yang lebih muda kepada yang lebih tua,sesama teman,anak kepada orang tua,kesopanan antara kelompok satun dengan kelompok lain dengan tujuan untuk lebih dekat dan bersaudara antara satu sama lain.
 
Kesopanan pula adalah salah satu norma yang mengatur hubungan antara manusia satu dengan manusia lain.dan kesopanan pula adalah cerminan dari diri kita bagaimana diri kita di hadapan orang lain. Di dunia modern ini kesopanan hampirlah luntur dimana seseorang hampir tidak menghargai satu sama lain tidak mengerti dimana situasi dan bagaimana mereka menyikapi masalah apabila mereka berhadapan satu sama lain,orang menganggap kita baik atau buruknya diri kita di lihat dari cara kita memberikan kesopanan terhadap orang lain pula.
 
Dewasa ini kesopanan dikalangan masyarakat khususnya remaja sangatlah disayangkan karena dilihat dalam prosesnya mereka sudah diajarkan sejak dini oleh orang tua masing-masing. tetapi dimasyarakat sendiri anak remaja sekarang sulit untuk mengimplementasikan contoh-contoh yang telah diajarkan oleh orang tuanya.dengan contoh di era media sosial banyak yang menyalahgunakan untuk hal yang tidak baik menggunjing seseorang,melakukan apa yang menjadi kemauan remaja sekarang, di kehidupan nyata pula remaja yang telah menganggap dirinya telah mrnjadi lebih baik mereka lupa akan masa sebelumnya dengan contoh lewat ditengah-tengah orang yang lebih tua darinya,mereka tidak menganggap orang itu ada dan berperilaku seenaknya dan masih banyak contoh lain yang memperlihatkan tingkat kesopanan di kalangan remaja saat ini.
 
Tetapi disini hanyalah sedikit contoh yang dilakukan remaja sekarang yang sudah melupakan nilai-nilai kesopanan entah mereka menganggap dirinya lebih baik atau bagaimana, seorang remaja adalah tiang generasi penerus bangsa abpabila hal ini terus dilakukan akan berdampak negatif pula dengan negara Indonesia ini. Dan kita berharap didunia yang telah modern ini seharusnya remaja sekarang harus memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal-hal yang lebih baik dan tidak menyalahi aturan dalam sopan santun.

Penulis adalah Mahasiswa aktif IKIP PGRI BOJONEGORO

No comments:
Write comments