Tuesday, October 24, 2017

Mahasiswa Harus Aktif di Kampus

    Tuesday, October 24, 2017   No comments

Oleh : Muhamad Qowi

suarabojonegoro.com - Setiap kampus pasti menawarkan berbagai cara agar mahasiswa dapat berinteraksi dengan teman-teman dan lingkungannya saat berada di kampus. Menjadi mahasiswa yang aktif di kampus memiliki keuntungan tersendiri bagi setiap orang. Paling tidak bisa mengenang masa-masa saat kuliah di kampus tersebut.

Jika menilik ke masa yang akan datang, sepertinya bangku perkuliahan kurang menarik bagi orang-orang yang mempunyai jiwa kewirausahaan. Karena kita dikelillingi oleh orang yang berumur sama dan pastinya lebih termotivasi untuk terjun ke dunia kewirausahaan daripada melanjutkan ke jenjang perkuliahan yang memakan banyak uang. Ini adalah masa dimana orang-orang yang bisa disebut sebagai ‘anak muda’ mengembangkan kemampuannya yang hanya bisa didapatkan sekali dalam seumur hidup. Jadi manfaatkanlah sebaik mungkin kesempatan yang ada.

Banyak cara yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk bisa aktif di dalam kelas seperti berteman, mengerjakan tugas bersama, dan membangun ikatan yang kuat antar sesama mahasiswa lain. Salah satu cara yang paling umum digunakan oleh mahasiswa adalah bergabung ke dalam UKM. Ikatan yang dibangun selama mengikuti kegiatan UKM pasti akan bertahan lama.

Hal yang paling menarik dalam opini ini adalah kuliah sambil bekerja. Sebagai mahasiswa, apalagi yang merantau dan bertempat tinggal di kos-kosan yang kecil pasti berpikiran tetang apakah kuliah bisa diimbangi dengan kerja apa tidak. Jika kita mampu menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang seimbang dan memiliki motto hidup yang bagus dan bisa fokus dalam suatu pekerjaan, maka kita bisa membedakan diri dengan para pencari kerja yang lain. Seimbang disini artinya bisa membagi waktu antara pekerjaan dan perkuliahan agar bisa mengefisiensi beban pekerjaan yang menumpuk.

Kemampuan dalam memimpin juga menentukan aktifnya mahasiswa saat di kampus. Bagi mereka yang senang memimpin, maka aktiflah dalam kelompok yang berisi pemimpin lainnya seperti proffesional muda atau kelompok enterpreneur. Dengan begitu, kita akan bisa lebih terinspirasi dan termotivasi untuk lebih giat dalam belajar maupun dalam bekerja.

Sementara itu, bagi mereka yang cenderung memiliki kemampuan analitis biasanya butuh bantuan untuk dapat memimpin dan maju dalam kelompok. Jadi bagi yang memiliki kemampuan tersebut, sangat disarankan untuk bergabung dengan kelompok debat untuk mengasah kemampuanmu yang baru ubtuk menjadi suara yang didengar banyak orang



No comments:
Write comments