Monday, October 16, 2017

Menjadi Mahasiswa Aktif dan Kreatif

    Monday, October 16, 2017   No comments

Oleh: Linda Aprilia Kurniasari

suarabojonegoro.com - Mahasiswa adalah orang yang belajar di Perguruan Tinggi, mahasiswa juga salah satu sosok yang disoroti dalam masyarakat. Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah karena di pundak mahasiswa memikul beban bahwa dia harus berkontribusi dalam setiap kegiatan.

Untuk menjadi mahasiswa yang aktif dan kreatif bisa dilakukan dengan sikap dan tindakan yang mencerminkam kedewasaan serta tanggung jawab. Banyak mahasiswa yang hanya datang, kuliah lalu pulang tapi ada juga mahasiswa yang aktif dan kreatif.

Ada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, ada mahasiswa yang aktif dalam segala kegiatan kuliah, meliputi UKM dan organisasi yang ada. Sikap aktif dan kreatif itu berawal dari diri sendiri atau dari faktor internal, jadi yang paling penting adalah kesadaran dan kemauan dari dalam diri sendiri untuk bisa menjadi aktif dan kreatif. Selain itu juga ada faktor eksternal atau pengaruh dari luar, misalnya dari lingkungan yang kurang mendukung, keluarga, teman yang terdekat juga bisa mempengaruhi.

Menjadi mahasiswa yang aktif dan kreatif itu tidak sulit cukup dengan kesadaran diri untuk menjadi yang lebih baik karena usia mahasiswa sudah bisa dikatakan usia dewasa yang mana sebentar lagi segala kebutuhan yang diperlukan sudah tidak menjadi tanggung jawab orang tua lagi melainkan mahasiswa harus mulai belajar hidup dan kehidupan untuk bisa mandiri dan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Seorang mahasiswa bisa memanfaatkan potensi yang dimilikinya atau bidang keahlian yang dimiliki misalnya mahasiswa yang jurusan pendidikan bisa memanfaatkan ilmunya dengan memberi les, selain menghasilkan finansial itu juga bisa menambah pengalaman mengajar yang bisa digunakan untuk masa depan setelah lulus kuliah dan menjadi pengajar yang sesungguhnya. Dan masih banya lagi hal positif yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengisi waktu luangnya.


*) Penulis lahir di Bojonegoro tanggal 3 April 1997, mahasiswi IKIP PGRI Bojonegoro jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 5.

No comments:
Write comments