Sunday, October 8, 2017

Pelayanan Kesehatan Harus Dikuatkan

    Sunday, October 08, 2017   No comments

Reporter: Andri Yanto


suarabojonegoro.com - Anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri. SH., MH. Mengatakan bahwa untuk mencapai Indonesia Sehat dibutuhkan penguatan pelayanan kesehatan. “Aspek penguatan kompetensi fasilitas kesehatan meliputi sarana, prasarana, alat kesehatan farmasi, akreditasi, Sistem Rujukan dan peningkatan SDM Kesehatan,” Kata Abidin di Agenda Sosialisasi Budaya Mutu dan keselamatan pasien di Fasilitas Kesehatan di Bojonegoro, Sabtu (7/10/2017).


Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Bojonegoro-Tuban tersebut menyampaikan bahwa, “kompetensi fasilitas kesehatan di bidang SDM Kesehatan berkaitan juga dengan kompetensi klinis, kompetensi managerial, kepemimpinan klinis serta kemampuan teknis medis,” jelas Abidin.


Abidin Fikri juga memaparkan sejumlah kebijakan strategis untuk meningkatan status akreditasi Puskesmas. “Ada beberapa kebijakan yang harus dilaksanakan yaitu dimulai dari  penyediaan dana pendampingan pra & pasca akreditasi; pemenuhan sumber daya secara bertahap; peningkatan kualitas pendampingan secara periodik oleh tim pendamping  akreditasi  kab/kota; peningkatan kualitas penyelenggaraan akreditasi melalui bimtek oleh komisi  akreditasi FKTP serta intensif melakukan advokasi dan sosialisasi secara aktif kepada stakeholder terkait,” Jelas Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI tersebut.


Di hadapan ratusan masyarakat di Bojonegoro, Abidin Fikri menegaskan bahwa urgensi penguatan Fasilitas Kesehatan adalah untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia seperti yang termaktub dalam agenda NAWACITA Bapak Presiden Jokowi.  Adapun kegiatan ini turut dihadiri oleh Kementerian Kesehatan, jajaran Dinas Kesehatan Bojonegoro dan tokoh masyarakat Bojonegoro. (And/**)

No comments:
Write comments