Sunday, October 29, 2017

Pengaruh Media Sosial Bagi Kehidupan

    Sunday, October 29, 2017   No comments

Oleh: Surya Feby

suarabojonegoro.com - Di era teknologi yang semakin canggih saat ini muncul beberapa teknologi yang sagat beragam. Seperti kemunculan medsos atau media sosial, medsos atau media social sudah sangat mencandui kehidupan manusia.  Hampir semua orang telah menggunakan akun medsos, baik itu facebook, instagram, dan lain sebagainya.

Kemunculan jejaring   medsos semacam twitter dan instagram sebenarnya dapat mengecoh parapenggunanya, bagaimana tidak para pengguna gajet dapat dengan mudah menggunkan media tersebut dengan sesuka hati dan penggunaannya pun juga sangat mudah dan merakyat, ketika kita dapat menggunakan medsos dengan baik maka, kita juga akan memperoleh umpan yang baik pula, seperti memanfaatkan medsos sebagai media untuk berbisnis, bersosialisasi, hingga propaganda politik.

Para pengguna medsos memang sangat bebas menggunakan teknologi tersebut. Namun, bukanberartibebassebebas-bebasnya, pengguna juga harus mempunyai batasan, tanggung jawab, sopan santun, dan etika yang baik serta   saling menghargai kepada sesame pengguna media sosial. Agar terhindar dari hal yang dapat merugikan, timbulnya sara, pro dan kontra antara kubu satu dengan kubu yang lainnya.

Bukan hanya itu, ketika kita para pengguna medsos salah dalam penggunaannya maka, hal tersebut akan berakibat fatal dan dapat menjadi pisau bermata dua yang akan menimbulkan banyak permasalahan dan terbentuknya fans juga haters.

Oleh karenaitu, kita sebagai pengguna media social harus  mampu memilih dan memilah serta menentukan sikap yang baik agar tidak  menimbulkan hal-hal yang negatif dan juga kesalahpahaman apalagi pertikaian.
Dan juga jangan sekali-sekali menyebarkan gossip maupun  informasi yang tidak akurat yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Jadilah pengguna medsos yang pintar, dapat memanfaatkan media yang sudah tersedia sebagai sarana yang menguntungkan dan menambah wawasan.   Dan juga jadikan medsos sebagai sarana yang mendukung untuk berkarya, belajar, dan berinteraksi dengan bijak, agar kita semua dapat merasakan manfaat dari munculnya medsos. (*)

*) Penulis Adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro. Tinggal di Cepu.

No comments:
Write comments