Tuesday, October 31, 2017

Pentingnya Berorganisasi Dalam Kampus

    Tuesday, October 31, 2017   No comments

Oleh: Heni Kustatiana 


suarabojonegoro.com - Organisasi adalah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk mencapai tujuan bersama. Berbicara tentang organisasi tentunya saling berkaitan dengan mahasiswa. Mahasiswa sendiri merupakan sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan universitas. Dimana ada organisasi sudah pasti ada mahasiswa, dimana ada mahasiswa belum pasti ada organisasi.

Organisasi sangatlah penting bagi mahasiswa, menjadi mahasiswa sebagai agen perubahan zaman tentunya ada banyak hal yang perlu kita pelajari yang salah satunya kita dapat mengasah kemampuan intelektual melalui organisasi di dalam kampus. Dengan bergabung di salah satu UKM, HMP, BEM mahasiswa lebih dapat berpikir kritis di banding dengan mahasiswa yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Dengan mengikuti berbagai kegiatan di kampus kita akan mendapat ilmu dan pengalaman yang lebih banyak yang tidak kita dapatkan di dalam mata perkuliahan kita.

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita bergabung didalam organisasi yaitu kita dapat menambah teman, memperluas jaringan, kepemimpinan, disiplin waktu, memperoleh pengalaman yang tidak bisa didapat jika kita tidak mengikuti organisasi, meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi lebih baik, dan mengasah soft skill kita menjadi lebih baik.

Di dalam perkuliahan tentunya kita dituntut untuk dapat berbicara di depan dosen, dan mahasiswa lain. Sering kita merasa gugup pada saat berbicara, dengan mengikuti organisasi kita akan dilatih untuk bisa berbicara di depan orang banyak, dan kita diajak untuk dapat menyampaikan pendapat kita tentang suatu permasalahan. Selain itu kita juga akan mendapat lebih banyak teman, tidak hanya teman se-Prodi (Program Study) kita juga akan mengenal teman-teman dari Prodi lain dan juga dari kampus lain.

Dengan mengikuti organisasi tentunya akan lebih berpengalaman. Dengan pengalaman yang kita miliki, perusahaan-perusahaan maupun kantor akan lebih mengutamakan kita yang lebih berpengalaman. Misalnya kita mengikuti organisasi dan kita menjabat sebagai pengurus dari organisasi tersebut maka kita juga akan lebih berpengalaman, kita juga akan lebih mengerti bagaimana sikap kita menghadapi masalah yang seperti ini harus dihadapi dengan cara apa dan Bagaimana?


Berorganisasi bukanlah hanya sekedar titip nama saja, akan tetapi kita juga harus berperan aktif dan mengikuti berbagai serangkaian kegiatan yang telah tersusun akan kesepakatan bersama. Dalam berorganisasi kita harus mengetahui apa visi dan misi dalam organisasi tersebut, jika serangkaian kegiatan dalam organisasi tersebut mengandung unsur SARA (Suku, Ras, Agama dan Golongan) maka tinggalkan organisasi tersebut dan carilah organisasi yang benar-benar mementingkan kepentingan umum atau kepentingan bersama.

Bagi kalian yang baru menjadi mahasiswa berusahalah untuk mengikuti organisasi dalam kampus kalian. Karena organisasi sangatlah penting bagi kehidupan diperkuliahan yang akan mendatang. Janganlah berdiam diri mendengarkan pembicaraan dari dosenmu, tunjukkan skill mu bahwa kamu juga bisa mengutarakan pendapat dan tunjukkan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan zaman. Semangat untuk berorganisasi! (*)

*)Mahasiswa aktif IKIP PGRI Bojonegoro Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester 5. Lahir di Tuban, 01 Agustus 1997.

No comments:
Write comments