Wednesday, October 11, 2017

Penyakit Apa Yang Paling Banyak Diderita Masyarakat Bojonegoro?

    Wednesday, October 11, 2017   No comments

Reporter : Andri Yanto

suarabojonegoro.com - Melalui pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Isnaini Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Bojonegoro, selama 3 tahun terakhir telah mencatat 5 daftar dari 10  keluhan penyakit yang diderita masyarakat, Rabu (11/10/2017).

Keluhan terbanyak dimulai dari Infeksi Akut Sal Pernafasan Atas disebut menempati peringkat pertama dengan penyebaran penyakit terbanyak yang diderita masyarakat yakni, 12,05 persen.

Kedua, Gastritis atau iritasi pada usus dan Duodenitis ialah peradangan yang terjadi di duodenum atau bagian pertama dari usus halus. Penyakit ini diderita 8,41 persen masyarakat Bojonegoro.

Badan Capek yang disertai pegal pegal berada di urutan ketiga dengan 6,90 persen penderita. Selanjutnya Darah Tinggi Primer tercatat 6,32 persen.

Penyakit yang terakhir itu ada pada otot dan jaringan pengikat tubuh dan  menjadi yang paling sedikit dari ke 4 keluhan penyakit masyarakat Bojonegoro. Yaitu dengan 6,26 persen penderitanya.

Lima penyakit sisanya sesuai data  2016 Dinas Kesehatan Bojonegoro dialami 2 sampai 3 persen lebih masyarakat. Seperti Diare, Penyakit Kulit, Influensa, Nyeri Kepal, dan Common Cold (pilek).

Dengan adanya penyebaran penyakit tersebut, upaya Pemerintah Kabupaten ialah mengantisipasi sedini mungkin.

"Upaya yang kami lakukan seperti meningkatkan segi pelayanan. Agar penyakit dapat diatasi sedini mungkin," ungkap Isnaini di kantornya Dinas Kesehatan Bojonegoro. (And/red)

Foto Ilustrasi: mulaisehat.com

No comments:
Write comments