Sunday, October 22, 2017

Peran Lingkungan Kampus Bagi Mahasiswa

    Sunday, October 22, 2017   No comments

Oleh: Imam Mahmudi

suarabojonegoro.com - Mahasiswa merupakan orang yang belajar di perguruan tinggi, baik universitas, institut maupun akademi. Mereka melakukan beberapa tahapan agar masuk di perguruan tinggi, tahap-tahapan yang mereka lakukan di antaranya yaitu pengisian data siswa, pendaftaran, proses seleksi, pengumuman hasil seleksi, daftar ulang dan sebagainya. Dari proses yang panjang tersebut sampai mereka menjadi seorang mahasiswa.

Lingkungan kampus merupakan suatu tempat di mana di dalamnya terdapat berbagai macam komponen-komponen yang sangat penting demi tercapainya tujuan pendidikan. Di dalam lingkungan kampus terdapat komponen-komponen yang meliputi mahasiswa, dosen, ruang kuliah, ruang data, ruang administrasi, ruang dosen, ruang rektorat, dan lain-lain, komponen ini saling berkontribusi demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.

Mahasiswa dan lingkungan kampus merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya merupakan satu kesatuan yang memiliki peranan tersendiri, lingkungan kampus merupakan sebuah wadah atau ajang yang digunakan untuk mendidik dan mengarahkan seorang mahasiswa sesuai bakat dan cita-cita yang ia miliki. Selain itu, lingkungan kampus juga tempat mahasiswa digembleng menjadi manusia bermoral, intelektual serta mampu menghadapi tuntutan zaman.

Selain lingkungan kampus sebagai tempat menuntut ilmu, mahasiswa juga belajar tentang kehidupan, di antaranya yaitu mereka dapat bersosialisasi dengan mahasiswa yang lain, mempererat rasa persaudaraan, saling memahami sesama, kerjasama dalam kelompok maupun organisasi.

Hal ini merupakan sebuah pengalaman berharga yang didapatkan dari lingkungan kampus. Pengalaman berharga tersebut nantinya bisa digunakan saat mahasiswa kembali ke masyarakat. Di antaranya yaitu mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat, menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, menjadi manusia bermoral,  intelektual tinggi dan mampu mengamalkan ilmu yang  didapat semasa kuliah. (*)

Penulis adalah Aktif sebagai mahasiswa semester V,  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI BOJONEGORO






No comments:
Write comments