Monday, October 30, 2017

Pitaran Pelatih Pembina Pramuka Bakorwil 2 Kwarda Jatim di Gelar

    Monday, October 30, 2017   No comments

Oleh : Said Edy Wibowo    

suarabojonegoro.com - Keberhasilan proses pembinaan Kepramukaan tidak hanya ditentukan oleh Para pembina yang secara langsung berinteraksi dengan peserta didik, tetapi juga tidak terlepas dari keberadaan dan kualitas para Pelatih Pembina Pramuka. Guna menambah wawasan sekaligus sebagai wahana saling bertukar pengalaman dalam melatih maka Kwartir Daerah Jawa Timur mengadakan kegiatan Pitaran pelatih Pembina Pramuka.

Wilis Hill resort dipilih sebagai tempat kegiatan para pelatih untuk berdinamika mulai  hari Sabtu, 28 Oktober 2017 dan berakhir Minggu, 29 Oktober 2017.

" Kegiatan ini dikuti oleh 120 pelatih dari 8 Kwartir cabag se bakowil 2 jawa timur " laporan Ketua Panitia Kak Moh. Wahib, S.Ag mengawali upacara pembukaan pitaran pelatih bakorwil 2 Kwarda Jawa Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ka Kwarda Jawa Timur yang diwakili Kak Drs. AM Poermadi, Waka Binawasa Kwarda Jawa Timur Kak Bambang SW, Koordinator Wilayah 2 Kwarda Jawa Timur Kak Drs. Djaswadi dan  para pelatih dari 8 Kwartir Cabang diantaranya Kwarcab Bojonegoro, Kwarcab Kota Mojokerto, Kwarcab Kab. Mojokerto, Kwarcab Kota Kediri, Kwarcab Kab. Kediri, Kwarcab Jombang, Kwarcab lamongan dan Kwarcab Tuban yang bertindak sebagai tuan rumah.

Kegiatan yang bertepatan dengan Peringatan HUT ke 89 Sumpah Pemuda ini  di buka oleh Waka Kwarda Jatim Kak Drs. AM Poermadi. Dalam sambutan pembukaannya Kak Poer  mengatakan keberhasilan pembinaan peserta didik tergantung pada pola dan pembinaan yang dilakukan oleh para pembina di Gugus Depan.

" Pembina yang baik tentu dihasilkan oleh Pelatih yang baik" tegas Kak Poer.

Lebih lanjut orang nomor 2 di Kwartir Daerah Jawa Timur ini menyampaikan dengan sistem pembinaan yang terintegrasi dengan baik maka fungsi pelatih sebagai motifator, dinamisator dan evaluator adak berjalan dengan sinergis. Sinergitas inilah yang nantinya akan menghasilkan para pembina yang handal dan berkuaitas.

Sementara itu Ka Kwarcab Tuban dalam pidato selamat datang menyambut baik dipilihnya Kabupaten Tuban sebagai tempat Pitaran Pelatih kali ini dengan harapan para pelatih bisa kerasan dan bisa memaksimalkan keberadaannya di bumi wali seraya melihat dan merasakan potensi  wisata yang ada di kota pesisir ini.  Masih menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga ini menyampaikan bahwa momentum pitaran pelatih ini bisa digunakan oleh Kwarcab Tuban untuk melakukan kegiatan sejenis di Kwartir Ranting di Kabupaten Tuban.

" Tuban siap untuk mecetak pelatih - pelatih handal dan berkualitas seperti jajaran pelatih yang sudah ada di Pusdiklatcab atas angin" tegasnya

Guna membekali para pelatih yang hadir di bumi wali ini disajikan materi Kepramukaan yang  disampaikan oleh Waka Binawasa Kwarda Jawa Timur Kak Bambang SW serta  Kapusdiklatnas Kak Prof Suyatno. Selain itu sebelum mengakhiri kegiatan para pencetak pembina ini akan mengunjungi beberapa tempat wisata di bumi wali ini.

No comments:
Write comments