Monday, October 16, 2017

Si Hitam Kenyal Ini Masih Ada Yang Mengandung Borax

    Monday, October 16, 2017   No comments

Reporter : Andri Yanto

suarabojonegoro.com - Jenis makanan ini hitam kenyal dan lembut saat dimakan. Sebab itu, tidak terbayangkan jika ada kandungan bahan berbahaya di dalamnya.

"Sudah kami teliti ternyata mengandung borax," ungkap Moch Rudianto, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kewaspadaan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro, dengan raut muka penuh yakin kalau sebagian cincau mengandung bahan berbahaya itu, Senin (16/10/2017) siang.

Nyatanya, kata dia masih sering menjumpai cincau-cincau ini di berbagai pasar, toko dan kantin sekolahan. "Ada 11 tempat penjualan maupun produksi yang kami nyatakan positif mengandung borax. Tepatnya tidak bisa saya sebutkan," terangnya.

Rudi hanya mengungkapkan kalau peredaran cincau yang memiliki kandungan borax itu dia temui di 5 Kecamatan yakni, Kalitidu, Purwosari, Padangan, Balen, dan Sugihwaras, dari 46 tempat jadi sampel.

"Alhamdulillah di Kecamatan Malo ini dari 15 tempat kesemuanya nihil. Tidak ada," ujarnya menghela nafas.

Temuan itu selanjutnya dia akan melakukan pembinaan kepada penjual, agar tidak menjual makanan dengan bahan tambahan makanan yang bernahaya bagi kesehatan, sebagaimana Peraturan Pemerintah 28 tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan.

"Tahu sendiri kan bahaya borax. Dalam jangka panjang itu dapat merusak fungsi ginjal," pesannya.(And/red)

No comments:
Write comments