Thursday, October 19, 2017

Wajib Tahu..!! Berikut Alur Pendistribusian Soal Ujian Perangkat Desa

    Thursday, October 19, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Pelaksanaan ujian tes tulis pengisian perangkat desa tinggal seminggu lagi. Berbagai persiapan tengah disiapkan. Mulai dari sosialisasi tahapan, jumlah personil dari anggota keamanan, pembuatan soal hingga konsep alur pendistribusian soal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Djumari saat ditemui suarabojonegoro.com menerangkan bahwa konsep pendistribusian soal ujian pengisian perangkat desa telah disepakati bersama. Dari titik pembuatan, semua mendapat pengamanan ketat dari pihak Kepolisian.

Djumari menambahkan, Tim pembuat soal (Universitas Negeri Semarang) per hari Jum'at tanggal 20 Oktober 2017 besok sudah mulai membuat naskah soal. Dipastikan pada hari Rabu pagi tanggal 25 Oktober 2017, naskah tersebut sudah berada di Mapolres Bojonegoro.

"Dari sana (Unnes) ditempatkan di Polres, terus besok paginya jam 6 pagi tim desa yang difasilitasi Muspika ngambil soal di Polres langsung dibawa di lokasi ujian. Sampai di lokasi ujian dibagikan. Ada tim pemandu dari Unnes. Selesai ujian dikumpulkan di lokasi koreksi, rencananya di SMT," kata Djumari. Rabu, (18/10).

Katanya, peserta ujian atau masyarakat umum bisa saja turut serta mengawal pelaksanaan kegiatan koreksi. Bisa langsung datang di SMT atau memantaunya dari kecamatan.

Setelah kegiatan koreksi selesai, semua pihak menandatangani berita acara. Untuk kemudian diserahkan kepada tim desa. "Yang mengumumkan tim desa. Kan yang melaksanakan desa, kita hanya memfasilitas. Semua pakai berita acara," imbuhnya.

Ia pun sedikit menerangkan bahwa, soal tes tulis pengisian perangkat desa kali ini dibedakan menjadi 3. Yakni Sekdes, Kaur-kasi, dan Kasun. "Masing-masing ada 9 varian," ujarnya.

Data yang masuk di DPMD, ada 1.152 jabatan perangkat desa yang bakal diperebutkan oleh 7.862 peserta. "Kini tinggal pembagian nomor peserta," imbuh Djumari disela-sela ia mengawasi pelaksanaan ujian tulis PAW Kepala Desa Beged Kecamatan Gayam, kemaren. (Wan/Red)

Foto: Ilustrasi

No comments:
Write comments