Friday, November 3, 2017

Ada Gowes Pesona Nusantara Bojonegoro, Catat!!! Ini Rutenya

    Friday, November 03, 2017   No comments

Reporter : Andri Yanto

suarabojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan cara, bersepeda. Terkait pelaksanaan olahraga tersebut direncanakan mulai 12 Nopember 2017.

"Untuk startnya di alun alun Bojonegoro dan finish di Stadion Letjen H. Soedirman," terang Dandi Suprayitno, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bojonegoro, Jumat (3/11/2017).

Menurut Dandi, sebelum finish peserta akan menempuh jalan yang telah dijadikan rute Fun Bike Gowes Pesona Nusantara Tour de Bojonegoro.

Yakni, dimulai dari Jalan P Mas Tumampel atau alun alun lalu belok ke kiri Jalan Imam Bonjol, Jalan Mastrip, ke kiri lagi Jalan MH Thamrin sampai selatan menuju ke Pasar Desa Ngumpak Dalem Jalan KH R Moch Rosyid.

Setelah sampai Pasar, lanjut dia, peserta akan belok ke kiri sampai perempatan Jalan Raya Bojonegoro - Sumberarum dan ke kiri Jalan Raya Bangilan - Sembung, Jalan Monginsidi, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Jalan Teuku Umar, Jalan Pemuda, dan berakhir di Stadion Letjen H Soedirman Jalan Lettu Suwolo. "Jalur tersebut untuk Gowes Nusantara saja," terangnya.

Sesuai surat Kemenpora tentang penyelenggaraan Gowes Pesona Nusantara, Dandi menyebutkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menggelorakan, mengajak, menggerakan, dan memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat melalui bersepeda.

"Selain untuk hidup sehat, dengan bersepeda kita ingin memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang dialog antar warga," ujarnya sesuai nawacita ke 9.

Karenanya sebelum pelaksanaan, menurut dia akan ada pengambilan tanah dan air di wisata kayangan api sebagai simbolisasi kesatuan kebangsaan yang diserahkan staf Kemenpora.

"Selanjutnya akan dibawa untuk disatukan dengan tanah dan air seluruh Indonesia yang bertempat di daerah terakhir yaitu candi borobudur. Lalu semua proses akan diakhiri dengan penanaman pohon di atas tanah kebangsaan dengan menyanyikan puja puji indonesia pusaka," jelasnya, yang diketahui pengambilan tanah dan air dimulai pada 11 November 2017 oleh Saka Pariwisata dan Kange Yune.

Sekaligus, masih kata Dandi, memang pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara tersebut untuk menyongsong penyelenggaraan Paragames 2017 dan Asian Games 2018. "Serta menggerakan ekonomi kerakyatan menumbuhkan multiplier effect di bidang ekonomi, wisata, seni, dan budaya," paparnya.(And/red)

No comments:
Write comments