Sunday, November 12, 2017

BEDANYA MAHASISWA ZAMAN SEKARANG DAN ZAMAN DULU

    Sunday, November 12, 2017   No comments

Oleh : Meidiva Vio Ricca 
   
suarabojonegoro.com - Kalian yang saat ini mahasiswa tentunya termasuk mahasiswa zaman sekarang yang segalanya sangat berbeda dengan zaman  dulu.
   
Mahasiswa tak pernah lekang oleh waktu. Dari zaman universitas didirikan pertama kali di luar negeri, mahasiswa selalu memiliki karakter berbeda-beda setiap tahunnya. Kamu yang saat ini mahasiswa tentunya termasuk mahasiswa zaman sekarang yang segalanya sangat berbeda dengan kuliah dulu.
1. Peralatan Kuliah
     Mahasiswa zaman dulu: Kuliah dulu tidak  semudah kita saat ini. Mereka belum memiliki gadget canggih seperti laptop atau tablet. Sehingga mau tidak  mau ketika belajar di kelas mereka harus memperhatikan sungguh-sungguh dan mencatat semua materi menggunakan senjata utama mereka, pulpen dan buku tulis!
      Mahasiswa zaman sekarang: Kamu sebenarnya sudah cukup dimudahkan dengan teknologi canggih saat ini. Karena dimanjakan oleh teknologi kita ga perlu susah-susah nyatat lagi. Tinggal foto tulisan di whiteboard. Belum lagi kalau dosen menjelaskan dengan OHP, kamu tinggal bawa flashdisk dan minta softcopy-nya.
2.  Tugas kelompok
     Mahasiswa zaman dulu: Mahasiswa zaman dulu ketika mendapat tugas kelompok pasti bakalan sering ketemuan di kampus untuk membuat tugas. Bahkan ketika tidak hari kuliah mereka rela ke kampus demi bahas tugas. Nongkrongnya pun di perpustakaan karena bahan tugas pasti diambil dari buku-buku.
     Mahasiswa zaman sekarang: Kalau dapat tugas kelompok pasti langsung bikin group chat di smartphone. Biasanya anak kuliah zaman sekarang akan ngerjain tugas di kafe-kafe yang tentunya ada free WiFi-nya. Karena tempatnya yang nyaman, malah jadi asik ngobrol sama teman sehingga tugas terbengkalai.
3. Baca buku
     Mahasiswa zaman dulu: Mahasiswa zaman dulu rajin baca buku karena minimnya sarana informasi selain buku. Saat mengerjakan tugas dan menjelang ujian mereka selalu ke perpustakaan untuk mencari referensi.
   Mahasiswa zaman sekarang: Baca buku kalau ada ujian atau tugas. Tidak bisa dipungkiri, karena banyaknya godaan di dunia maya, buku menjadi berkurang fungsinya. Semua tugas hampir bisa dikerjakan dengan bantuan Google. *Termasuk gue hhehe
4. Dosen
     Mahasiswa zaman dulu: Sangat hormat ke dosen. Dosen sangat dihormati karena telah berjasa memberi ilmu ke mahasiswa. Dan rasa hormat ini benar-benar dari dalam hati, lho.
     Mahasiswa zaman sekarang: Hormat sih hormat. Dosen memang dihormati ketika bertemu di kelas atau di tempat lain, namun saat di dunia maya, banyak mahasiswa mengumpat ke dosen mereka dengan berbagai alasan.
5. Focus
    Mahasiswa zaman dulu: Mahasiswa sangat harus dan wajib focus dalam hal apapun untuk bisa menjadi sukses. Zaman dulu focus harus dibagi-bagi. Focus kepada sekolah, focus untuk membantu orang tua, dan juga harus focus untuk menata masa depan agar lebih sejahtera dan bisa mensejahterakan orang tua.
   Mahasiswa zaman sekarang: Mahasiswa kurang focus akan berbagai hal. Ini membuat mereka tidak pandai mencari atau memanfaatkan kesempatan yang sangat kecil. Hal ini terpengaruh dari malasnya mereka dalam memanfaatkan kesempatan.
6. Tepat dan Cerdas Mengatur Waktu
     Mahasiswa zaman dulu: Tepat waktu disini dimaksudkan dengan tepat waktu dalam menyelesaikan studi, karena itu merupakan hal yang penting. Tepat waktu dalam membagi waktu untuk orang tua, waktu untuk pendidikan serta waktu untuk mewujudkan masa depan mereka. Cerdas dalam mengatur waktupun juga dilakukan, bisa menempatkan mana yang menjadi hal primer dan sekunder dalam kehidupan mereka.
  Mahasiswa zaman sekarang: Banyak yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan studi. Hal ini berpengaruh pada hilangnya kesempatan yang ada. Tidak tepat dan cerdas membagi waktu mana yang menjadi prioritas dan mana hal yang primen dan sekunder.
    Walaupun kita hidup di zaman sekarang yang sangat serba mudah, sekiranya kita bisa menerapkan apa yang dapat dilakukan mahasiswa zaman dulu. Jangan selalu menjadikan alasan bahwa dengan teknologi yang super canggih sekarang bisa seenaknya untuk bermalas-malasan. Seharusnya dengan modal yang sekarang serba canggih, menjadikan kita sebagai mahasiswa zaman sekarang untuk lebih sukses daripada mahasiswa zaman dulu.
Nah itu tadi perbedaan antara mahasiswa dulu dengan  mahasiswa sekarang. Jadi kita sebagai generasi sekarang jangan terlena dengan perkembangan teknologi sekarang. Semoga bermanfaat. (*)


*) Penulis adalah Mahasiswa IKIP PGRI BOJONEGORO yang berasal dari Singgahan Tuban

No comments:
Write comments