Saturday, November 11, 2017

Dinas Pertanian Sarankan Petani Ikuti Program AUTP

    Saturday, November 11, 2017   No comments

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com - Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Bojonegoro, Akhmad Djupari, menghimbau kepada para Petani untuk mengikuti progran Asuransi Usaha Tanam Padi (AUTP), bagibpara Petani yang akan melakukam masa tanam di musim ini. Terlebih bagi mereka yang berada di Daerah genangan banjir luapan Bengawan Solo. Sabtu (11/11/17).

"Kami menghimbau petani yang menanam padi kembali ikut AUTP khususnya yang berada di Daerah genangan Bengawan Solo, agar bila terjadi banjir tidak merugi," katanya.

Adapun persyaratan utama untuk para Petani mengikut AUTP yakni dengan mendaftar terlebih dahulu paling tidak sepekan sebelum musim tanam tiba.

"Kalau sudah menanam dan baru mendaftar (AUTP.red) jelas tidak bisa, apalagi banjir sudah datang dan merendam tanaman", ujarnya.

Pada kesempatan ini djrinya menjelaskan bahwa jika para Petani ingin mengikuti program AUTP ini dapat berhubungan dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian yang langsung berhubungan dengan petani atau para Petani dapat berhubungan dengan Unit Pelaksana Teknik (UPT).

"Dengan hanya iuran Rp36 ribu per hektare selama semusim, kalau tanaman padi mengalami kegagalan panen disebabkan, hama penyakit atau musibah banjir maka akan memperoleh klaim asuransi sebesar Rp6 juta per hektare", jelasnya.
Dirinya berharap dengan program AUTP ini para Petani dapat membantu para Petani. Dengan mengikuti program tersebut diharapkan agar pada musim yang tidak menentu ini para Petani mendapatkan ganti rugi.

"Saya berharap para Petani ikut semua agar kalau ada musim yang tidak menentu bisa mendapat ganti rugi", pungkasnya. (Bim/red).

No comments:
Write comments