Monday, November 6, 2017

Faktor Pemicu Kenakalan Remaja

    Monday, November 06, 2017   No comments

Oleh: Hetti Novitasari

suarabojonegoro.com - Kenakalan remaja pada dasarnya merupakan permasalahan sosial atau penyimpangan sosial yang tidak sesuai dengan norma dan adat isitiadat dalam masyarakat. Kenakalan remaja biasanya didominasi oleh kalangan anak SMP,SMA dan sederajat. Anak SMP,SMA Dan sederajat dikatakan sebagai kelompok yang paling mendomiinasi kenakalan remaja karena banyak yang berpendapat bahwa, memang benar remaja SMP,SMA dan sederajatlah yang paling sering melakukan tindakan penyimpangan. Sebab, pada masa ini seorang remaja masih sangat labil dan mudah terpengaruh oleh hal-hal dari luar maupun dalam. Baik hal positif ataupun hal negatif. Namun, pada dasarnya hal negatif lah yang mudah masuk dalam kalangan diri remaja.

         
Menurut saya, Remaja juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga ia suka mencoba hal baru tanpa memikirkan apakah yang dicobanya tersebut berdampak baik atau buruk pada dirinya. Remaja juga cenderung tidak suka berfikir panjang, mereka akan melakukan hal-hal yang ingin dicobanya. Banyak bentuk dari kenakalan remaja diantaranya tawuran antar pelajar, minum-minuman keras, balapan liar dan yang lebih parahnya lagi saat ini sudah banyak dari kalangan remaja yang mengkonsumsi obat-obat terlarang, yakni Narkotika. Padahal tindakan yang dilakukannya dapat merusak moral bangsa. Bukankah mereka para remaja merupakan generasi penerus bangsa ini?

         
Banyak pula yang mengakatakan bahwa, kenakalan remaja terjadi karena berbagai factor salah satunya, faktor keluarga. Kenakalan remaja adalah akibat dari “Broken Home”. Emosi seorang remaja akan sulit dikendalikan dirinya saat keluarga mulai cekcok atau bertengkar antar anggota keluarganya. Lebih parahnya emosi remaja akan membeludak sesaat ketika kedua orang tuanya sering bertengkar dihadapan si remaja tersebut. Hal seperti inilah dapat menyebabkan si remaja tidak betah berada dirumah, pada akhirnya mereka akan mencari hal baru yang membuat mereka terjerumus kedalam hal yang negatif. Selain karena faktor keluarga kenaklaan remaja juga bisa terjadi karena faktor pertemanan, karena teman sepermainan memiliki kedudukan yang cukup penting dalam kenakalan remaja. Dari temanlah segala bentuk perubahan akan muncul dalam diri remaja.

         
Pergaulan dapat merubah jati diri seosesorang misalnya seorang remaja yang dulunya memliliki kepribadianyang cenderung pendiam akan berubah menjadi remaja yang pambangkang. Namun ada juga teman yang memberikan pengaruh baik bagi diri si remaja seperti teman memberikan motivasi kepada remaja agar belajar lebih giat dari sebelumnya. Selain petemanan yang memberikan dampak positif ada pula yang memberi dampak negatif. Hal negatif inilah yang seharusnya dihindari remaja.

         
Solusi dari permasalahan yang menjadi penyebab kenakalan remaja perlu adanya perhatian khusus dan pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja. Hal tersebut merupakan faktor penting yang menentukan dikehidupan remaja pada tahap selanjutnya. Selain itu perlu adanya kerjasama antar diri remaja sendiri, orang tua, guru dan pihak-pihak yang lainnya. Orang tua dapat memberikan perhatian khusus, sedangkan guru dapat memberikan pemahaman-pemahaman kepada diri si remaja akan dampak dari kenakalan remaja agar perkembangan remaja dapat dilalui secara terarah. (*)

*) Penulis Adalah Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro, Prodi Bahasa

No comments:
Write comments