Thursday, November 9, 2017

GADGET DIKALANGAN REMAJA

    Thursday, November 09, 2017   No comments

Oleh: Reni Rosidah

suarabojonegoro.com - Gadget merupakan alat yang sangat vital bagi masyarakat di masa ini. Semua orang memerlukan gadget untuk mencari informasi, menghubungi kerabat, kolega, mitra kerja, dll. Bisa kita lihat disetiap sisi jalan semua orang tidak akan pernah lepas dari namanya gadget. Dengan gadget, semua informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah. Hanya dengan sekali tekan, semua informasi yang kita inginkan dapat muncul dalam hitungan detik. Bagus sekali bukan ? Sampai-sampai para kalangan remaja dan anak dibawah umur pun senang menggunakan gadget. Tapi apakah itu perlu atau membahayakan bila para remaja atau anak-anak dibawah umur menggunakan gadget ? Apakah ada dampak positifnya ? Atau malah muncul dampak negatif ?

Pengguna gadget dikalangan remaja saat ini sudah sangat menjamur. Banyak sekali para remaja yang menggunakan gadget. Entah mereka ingin dimana, di sekolah, di tempat makan, tempat nongkrong, dll. Mereka pasti selalu mempunyai gadget di genggaman atau didepan mereka. Ini menimbulkan banyak pro kontra pada masyarakat sekitar. Banyak berkomentar bahwa kehadiran gadget di masa remaja dan dibawah umur menurunkan kinerja dan prestasi mereka sebagai pelajar. Mereka juga mengeluh kepada manufaktur telepon genggam untuk tidak memproduksi lagi atau mendistribusikan gadget terserbut.

Sebenarnya penyebabnya bukan dari gadget itu sendiri, justru dari para remaja itu sendiri. Pada umur belasan, remaja cenderung menggunakan gadget sebagai alat mainan yang terbaru. Mereka menggunakan gadget hanya untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu seperti bermain game, sering saling mengirim sms, chatting atau semacamnya. Lalu mengakses internet yang dimana mereka belum tentu membuka halaman internet yang pantas. Hal ini mengganggu kinerja otak anak.

Menurut saya, sebenarnya gadget untuk para remaja itu boleh-boleh saja, asal dipakai jika diperlukan dan kalau memang ada sesuatu yang bisa dilakukan. Contoh, gadget bisa membantu para remaja dalam menyelesaikan tugas mereka. Apalagi sekarang sudah banyak informasi di internet, jadi apapun yang diperlukan bisa dalam kedipan mata. Lalu gadget juga diperlukan untuk para kalangan remaja yang baru menginjak kuliah, karena semua informasi tetntang kuliah seperti jadwal, seminar, kursus, ujian, dll sudah ada di dalam internet. Jadi mereka tidak perlu bingung lagi untuk mencari informasi. Tinggal sekali klik dan semua beres.

Penggunaan gadget harus secara bijak. Gunakanlah gadget jika memang diperlukan dan maksimalkan fungsi gadget tersebut untuk menggali informasi yang bermanfaat. Agar generasi ini menjadi generasi yang sadar akan teknologi.

*) Penulis adalah Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro

No comments:
Write comments