Thursday, November 30, 2017

Hujan Deras, Waspada Banjir Sungai Begawan Solo

    Thursday, November 30, 2017   No comments

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Hujan lebat dan banjir yang terjadi di wilayah Hulu, diperkirakan petang nanti,  Sungai Begawan solo di wilayah Bojonegoro akan memasuki siaga 2 atau siaga Kuning, hal tersebut karena Kenaikan TMA Bengawan Solo disebabkan tingginya curah hujan beberapa hari terakhir baik di Hulu maupun lokal Bojonegoro, serta hujan deras pada hari ini.

Kepala Plt. BPBD Pemkab Bojonegoro, Andi Sudjarwo mengatakan bahwa Pada pukul 12.00 WIB papan duga karangnongko menunjukkan skala 27.12 MDPL (Meter dari Permukaan Laut) , sedangkan di TBS Kota Bojonegoro menunjukkan skala 13.09 MDP atau memasuki Siaga Hijau ( Siaga 1 )

"Mempertimbangkan masih adanya kontribusi air dr hulu madiun dan sekitarnya serta apabila pada sore hari ini terjadi hujan di wilayah Bojonegoro maupun Tuban, maka BPBD memprakirakan bahwa petang nanti TMA Bengawan Solo di Bojonegoro akan masuk Siaga Kuning, " Kata Andi Sujarwo, Kamis (30/11/17).

Akan tetapi siaga 2 nanti dipresiksi berjalan tidak terlalu lama, namun untuk itu dimohon bantuan para Kasatker terkait dan Para Camat guna menyebarluaskan informasi ini kepada seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo.

Andik Sujarwo juga mengingatkan langkah antisipaai kewaspadaan diantaranya adalah mengikuti up date cuaca dan kenaikan TMA bengawan Solo, mengaktifkan pemantauan kondisi bantaran bengawan tanggul dan infrastruktur banjir lainn, optimalisasi jaring komunikasi masyarakat, mempersiapkan dapur komunitas, inventarisasi peralatan dan relawan bencana.

"Kami berharap kepada semuabya agar memberikan laporan cepat apabila ada kejadian bencana," Pungkasnya. (Sas*)

No comments:
Write comments