Wednesday, November 1, 2017

Mahasiswa Organisasi Vs Mahasiswa Non Organisasi

    Wednesday, November 01, 2017   No comments

Oleh : Devi Andarsari 


suarabojonegoro.com - Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi , Mahasiswa juga salah satu sosok yang disoroti dalam masyarakat. Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah karena dipundak mahasiswa memikul beban dalam menciptakan perubahan dalam masyarakat sekitar.
Mahasiswa sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Mahasiswa organisasi dan Mahasiswa non organisasi , nah kali ini saya akan membahas tentang mahasiswa organisasi dan mahasiswa non organisasi .

Apa sih yang kalian  ketahui tentang mahasiswa organisasi itu ? Mahasiswa organisasi adalah mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi disamping kegiatan utamanya kuliah. Misalnya mereka  mengikuti kegiatan UKM,BEM,HMP dan organisasi lainya . Baik organisasi didalam maupun diluar kampus .

Tetapi banyak orang yang berpendapat bahwa organisasi hanya akan menghambat kuliah atau belajar, berorganisasi hanya akan menghabiskan waktu sehingga menyebabkan lama lulus. Sebagian mahasiswa saat ini lebih memilih fokus kuliah dan mengejar IPK yang lebih tinggi.

Mahasiswa yang suka berorganisasi lebih banyak mengorbankan jam kuliah dan mereka lebih mementingkan organisasi. Sehingga nilai yang di dapatkannya sangat standar .

Pada kenyataannya banyak alumni yang semasa kuliahnya menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi dan setelah lulus mereka di terima di beberapa perusahaan ternama dan juga dengan jabatan yang bergengsi tentunya disertai dengan gaji yang sesuai namun tidak sedikit yang menjadi pengusaha sukses.

Melalui Organisasi kita dapat mempraktikan teori-teori yang ada pada materi kuliah. Dalam berorganisasi biasanya ada kepanitian untuk event-event yang diadakan organisasi tersebut. Didalam organisasi tersebut kita diajarkan bagaimana cara mengonsep acara , cara bertanggung jawab dengan kepanitian kita untuk event tersebut  selain itu kita diajarkan menjadi pemimpin ketika kita menjadi panitia atau menjadi koordinator suatu event
Hal positif yang kita dapatkan ikut berorganisasi adalah kita punya teman baru , keluarga baru dan ilmu baru . Lalu  Bagaimana dengan mahasiswa non organisasi itu ? Mahasiswa non organisasi adalah  mahasiswa yang Cuma kuliah saja dan mengikuti pembelajaran di kelas saja , dan mereka tidak mengikuti organisasi apapun baik itu organisasi di dalam kampus maupun diluar kampus .

Mahasiswa Non Organisasi hanya mengejar nilai IPK yang lebih tinggi , dan dapat dikatakan mahasiswa kupu-kupu yang artinya kuliah pulang-kuliah pulang.

Biasannya Mahasiswa Organisasi dan Mahasiswa Non organisasi ini lebih unggul mahasiswa Non organisasi karena Pengetahuan yang di dapatkan di kelas lebih unggul mahasiswa non organisasi.

Jadi kesimpulannya  tidak semua mahasiswa yang aktif berorganisasi akan lama lulusnya atau membuat IPK menurun , melainkan akan mendapatkan pengalaman berbeda selama kuliah dan banyak pengetahuan yang mereka dapatkan baik di lingkungan kampus maupun luar kampus . Tetapi tidak berarti mahasiswa biasa memiliki pengetahuan yang  tidak luas dariapada mahasiswa organisasi . yang menjadi pembeda disini adalah pengalaman  dan pengetahuan mereka. (*)

*) Penulis adalah Mahasiswa IKIP PGRI BOJONEGORO Semester 5. 

No comments:
Write comments