Monday, November 13, 2017

Perilaku Remaja Sekarang ini

    Monday, November 13, 2017   No comments

Oleh: Gik Arofan


suarabojonegoro.com - Perilaku remaja saat ini cenderung mendekati perilaku yang negatif, tidak memungkiri karena semakin berkembangnya era globalisasi gaya hidup dan perilaku remaja saat ini. Di dalam sebuah pergaulan remaja indonesia sudah tercampur dengan gaya pergaulan dari luar, alhasil banyak kebudayaan indonesia tidak menjadi tradisi di kalangan remaja. Ini menjadi dampak yang sangat besar, yang berpengaruh terhadap aspek budaya indonesia. Dan dengan ini sedikit demi sedikit budaya indonesia menjadi terlupakan.

Namun saat ini masyarakat telah menunjukan perilaku sosial yang ada pada individu, seperti ketergantungan dengan pergaulan yang ada. Seperti di kalangan remaja saat ini berpacaran dengan mesra di depan umum dan lain-lain. Menurut remaja jaman sekarang di anggap menjadi kebiasaan, namun kebiasaan itu telah di campur adukkan dengan pergaulan di negara lain yang pergaulan di luar menganut pergaulan bebas.

Akan tetapi setiap pergaulan bisa di hindari, jika individu tersebut memiliki kekuatan iman yang ada pada dirinya. Agar tidak menyalah gunakan pergaulan yang sekarang sedang merajalela di kalangan remaja, dan dari perilaku manusia pun menjadi sebuah dampak kejahatan yang ada di dunia. Tanpa di sadari kita pun sudah membuka peluang kejahatan di dunia karena ke salahan dari individu itu bergaul.

Namun tidak semua remaja seperti itu, jika remaja itu sendiri bisa mengontrol dirinya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang dapat merusak adat istiadat. Mereka yang perkiran positif melakukan kegiatan-kegiatan yang bermoral, agar tidak mudah terjerumus akan hal-hal yang seperti itu.

Saya sendiri selaku remaja, yang mungkin bisa dikatakan masih dalam masa ikut-ikutan. Mencoba untuk menjauhi pikiran negatif yang selalu muncul di pikiran saya. Sebaiknya kita menghindari diri kita sendiri dulu, dari pada untuk menjauhkan orang lain dari hal negatif tersebut. (*)

*) Penulis Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

No comments:
Write comments