Wednesday, November 1, 2017

Peduli Pendidikan, EMCL Prakarsai Pencarian Bibit Prestasi Melalui Cerdas Cermat

    Wednesday, November 01, 2017   No comments

Oleh : Iwan Zuhdi

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Hanafi mengapresiasi kegiatan cerdas cermat matematika metode Gasing yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Gayam pada Selasa (31/10/2017). Mewakili Pemeritah Kabupaten Bojonegoro, dia juga mengapresiasi komitmen operator migas Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dalam memajukan pendidikan di wilayahnya. "Cerdas cermat ini merupakan salah satu cara efektif dalam mencari bibit unggul," kata Hanafi pada acara Final Lomba Cerdas Cermat Matematika Gasing tingkat SD/MI se-Kecamatan Gayam di aula kecamatan.

Hanafi juga berpesan kepada para siswa peserta lomba agar terus belajar membina mental. Pendidikan di kelas dan mata pelajaran yang diikuti siswa, kata dia, merupakan modal yang akan dilengkapi dengan penggemblengan mental. "Siswa-siswa ini adalah calon pemimpin masa depan yang akan menggantikan kami ini nanti," ucapnya.

Final lomba cerdas cermat ini sendiri dimenangi oleh SD Negeri Ngraho. Juara kedua diraih oleh SD Negeri Desa Brabowan, sedangkan juara jatuh kepada SD Negeri 3 Desa Gayam. "Semoga piala ini menjadi penyemangat adik-adik dan semua siswa di Kecamatan Gayam," pungkas Hanafi.

Matematika Gampang Asyik dan menyenangkan (Gasing) merupakan metode pengajaran yang dipelopori oleh Yayasan Surya Institute. Sebuah yayasan pendidikan yang didirikan pada tahun 2006 oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D., seorang fisikawan yang dikenal dengan kiprahnya menghantarkan anak-anak Indonesia meraih berbagai prestasi tertinggi di ajang Olimpiade Fisika Internasional

Untuk meningkatkan kemampuan matematika para siswa di Bojonegoro, EMCL memprakarsai program pelatihan dan pendampingan matematika Gasing ini bagi guru di Kabupaten Bojonegoro. Melalui Pusat Belajar Guru Bojonegoro, Surya Institute telah melaksanakan program ini sejak tahun lalu. Untuk menguji keberhasilan pengajaran para guru, PBG menggelar cerdas cermat tingkat SD/MI se-Kecamatan Gayam.

Perwakilan EMCL, Dave Ardian Seta mengatakan, dukungan terhadap program ini merupakan wujud komitmen EMCL terhadap pengembangan dunia pendidikan di wilayah sekitar wilayah operasi. Dia juga menjelaskan, EMCL senantiasa mendukung pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pendidikan.

Dave berharap cerdas cermat matematika gasing ini dapat memacu prestasi siswa, terutama prestasi di luar kelas. "Semoga dapat memberikan motivasi yang baik kepada warga Kecamatan Gayam, baik kepada siswa, maupun juga orang tua," tukasnya. (wan/lis)

No comments:
Write comments