Wednesday, November 15, 2017

Pelajar SMAN 1 Baureno Raih Prestasi Lomba Robotic Di Jepang

    Wednesday, November 15, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Prestasi bisa datang dari mana saja asal ada kemauan dan tekad maka tak ada yang tak mungkin. Semangat ini yang menginspirasi pelajar SMAN Baureno untuk tampil dalam ajang Robotika di negeri Sakura Jepang. Tim Robotic berhasil berjaya di lomba Robotika tingkat internasional diajang International Islamic School Robotic Olympiad (IISRO) di Tokyo Jepang.

Hal ini sebagaimana informasi dari Drs. Muhammad Yunus Kepala Sekolah SMAN 1 Baureno ketika di konfirmasi, Selasa (14/11) pagi tadi.

Yunus sapaan akrabnya menjelaskan bahwa diajang internasional ini pelajar-pelajar SMAN 1 Baureno berhasilkan mengharumkan nama Bojonegoro dan Bangsa Indonesia . Diajang ini mereka berhasil meraih Juara 1 Robot Maze Solving, Juara 2 Robot Sumo dan Juara 2 Robot Theater. Perhelatan yang berlangsung selama 4 hari yakni mulai 9 sampai dengan 12 Nopember ini membawa kesan yang sangat luar biasa, karena dua pelajar yakni  Thoriq Whalidad Kemal kelas XII MIPA 2  dan Ryo Candra Aldi Wibawa Kepala XII MIPA 1 yang berhasil meraih medali emas dan perak dan penghargaan diajang internasional ini.

Pihaknya kini membina beberapa sekolah antara lain jajaran Madrasah di bawah Kementerian Agama yang berada di Jakarta, Sleman Jogjakarta, Tulungagung, Babat dab Tambakberas. Sedangkan beberapa sekolah di Bojonegoro juga menjadi binaan Tim Robotika yang diasuhnya. Dituturkan bahwa pilihan Robotika ini adalah ikhtiar setelah melihat kondisi.

"Robot adalah hal baru yang dicoba disekolahnya sejak tahun 2015 yang diawali dengan kegiatan ekstrakurikuler. Nyatanya dari ekstra ini mereka berhasil meraih  the best ten kategori Robot Microcontroler dati tim Smansaba-Robotic pada ajang Lomba Karya Teknlogi 6 yang digelar oleh Universitas Negeri Surabaya," paparnya.

Inilah prestasi pertama siswa didiknya di ajang nasional kemudian berlanjut disetiap event baik berskala nasional dan internasional. Terakhir adalag torehan prestasi di ajang ISSRO di Jepang kemarin.

Berdasarkan pantauan untuk menyambut dan merayakan prestasi dua siswa didiknya keluarga besar SMAN 1 Baureno. Seluruh siswa berkumpul dilapangan basket untuk memberikan apresiasi dan selamat kepada rekan mereka. Dua pelajar dan dua guru pembimbing mendapatkan bonus dari sekolah.

Kepala Sekolah bahwa ini adalah sebagai bentuk penghargaan kepada para siswa dan pembina yang telah mengharumkan nama SMAN 1 Baureno.

Menurut Yunus, penyambutan ini adalah untuk mendorong dan memotivasi siswa didik lainnya agar berani mengekpresikan diri melalui karya mereka. Yunus menambahkan bahwa dengan prestasi ini dua siswa mereka sudah mengatongo card untuk bisa meneruskan kuliah di beberapa Perguruan Tertinggi (PT) terkenal di Indonesia. "Prestasi ini bukan sekedar prestasi SMAN 1 Baureno namun prestasi Bojonegoro bahkan Indonesia," ucapnya.

Berikut ini beberapa torehan prestasi yang berhasil diraih oleh Tim Robotika SMAN 1 Baureno

1.Lomba Karya Teknologi 6 UNESA 2015

·The Best Ten“ Kategori Robot Microcontroler dari tim  Smansaba_Robotic”

2. Java Robot Contest 7 2016

·The Best Time” Jenjang SMA dari tim Smansaba_Robotic”

· The Best Theme” Jenjang SMA dari tim Smansaba_Robotic”

3. Mechatronika Robot Contest 2016

·Juara Harapan 1” Line Tracer Analog jenjang MI dari tim MI YPPI 1945 Babat”

· Juara 4” Line Tracer Analog jenjang MTs dari tim MTs YPPI 1945 Babat”

4. Internasional Islamic School Robot Olympiad 2016 (IISRO LOMBOK)

     JUNIOR (MI YPPI 1945 Babat)

·         Juara 2 Robot Sumo RC
·         Juara 3 Robot Sumo RC
·         Juara 2 Aerial Drone
·         Spesial Award Fire Figthing Analog
·         Spesial Award Underwater
·         Spesial Award Transporter Microcontroler

    SENIOR              (Smansaba_Robotic)
·         Juara 3 Underwater
·         Spesial Award Sumo Autonomus
·         Spesial Award Theater Robot

5. line Tracer SMA 5 Surabaya (EUONOIA 2016)
·         The

No comments:
Write comments