Sunday, November 5, 2017

Pentingnya Kepercayaan Diri

    Sunday, November 05, 2017   No comments

Oleh: Siti Harisatun Nisa Al-Murod


suarabojonegoro.com- Kepercayaan diri sangatlah penting, karena tanpa keyakinan diri yang tinggi maka kemungkinan besar kita akan gagal saat menjalani segala tugas yang ditugaskan pada kita. Hal ini dikarenakan karena kita selalu merasa banyak kekurangan, itu hal yang wajar karena kita hanyalah manusia yang tak pernah memiliki kesempurnaan. Karena pada hakekatnya kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata. Karena kurangnya rasa kepercayaan diri inilah yang terkadang menyebabkan kita pesimis, padahal kita telah mempersiapkan semua hal itu dengan sebaik mungkin. namun, karena kurangnya rasa percaya diri itulah yang menyebabkan segala hal yang telah kita siapkan matang-matang akan hancur berantakan.

Percaya diri memang tidak semudah seperti apa yang orang-orang katakan. Meskipun kita menemukan cara terbaik untuk percaya diri, tetap saja untuk menerapkanya ke kehidupan nyata kita masih sulit sekali. Kurang percaya diri saya rasa tidak akan hilang dari diri kita, tapi kita hanya bisa menguranginya. Kita akan tetap merasakan kurang percaya diri ketika  melakukan sesuatu terutama dihadapan orang banyak. Tapi bagaimana caranya agar rasa kurang percaya diri itu hilang bersama jalanya aktivitas. Jangan sampai kita kurang percaya diri terus sepanjang aktivitas dan kegiatan berlangsung.

Maka dari itu kepercayaan diri haruslah kita tanamkan pada diri kita. Keyakinan pada diri yang tinggi akan mengantarkan kita ke gerbang keberhasilan yang sebelumnya tertutup rapat karena kurangnya keyakinan kita kalau kita mampu membukanya, karena yang mengetahui apakah kita mampu atau tidak hanya diri kita, bukan orang lain. Orang lain baru akan mengetahui kemampuan kita setelah kita tampil. Jadi hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi percaya diri ketika tampil di depan umum adalah jangan ragu di awal sebelum kita tampil.
Meskipun kemampuan kita tidak sebaik orang lain tapi setidaknya kita dapat tampil dengan lancar seolah kita menguasai kemampuan dengan baik. Saat kita tampil pasti orang lain akan menilai kita apakah kita tampil dengan bagus atau buruk. Biarkan mereka menilai kita, tetap hiraukan penilaian orang lain terhadap diri anda ketika tampil. Yang terpenting adalah anda dapat tampil dengan rasa percaya diri sehingga tetap fokus pada penampilan. Jika kita fokus pada orang lain, bisa jadi penampilan kita akan kacau.

Begitu pentingnya rasa percaya diri yang harus kita miliki. Hampir setiap aktivitas yang mengharuskan kita bertemu dengan orang lain berhubungan dengan yang namanya percaya diri. (*)

*) Penulis Adalah Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro

No comments:
Write comments