Saturday, November 11, 2017

Pentingnya Public Speaking Bagi Mahasiswa

    Saturday, November 11, 2017   No comments

Oleh : Eni Meindrawati

suarabojonegoro.com- Public Speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya. Public Speaking juga diartikan sebagai pembicaraan publik yang maksudnya berbicara di depan orang banyak juga.

Banyak orang takut Public Speaking dengan ragam alasan, suka merasa gugup, merasa tidak bisa, tidak biasa, takut salah ucap, takut nge-blank, dan sebagainya yang masuk kategori demam panggung.
Nah, Komunikasi bisa dibilang berhasil apabila informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara. Apalagi saat berbicara di depan umum atau publik. Dengan jangkauan audience yang lebih luas, kita perlu mempersiapkan diri disini. Sebab, seiring dengan kesuksesan, kita akan butuh berbicara di depan umum atau publik.

Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk bisa berbicara di depan umum, apalagi mahasiswa jurusan keguruan yang nantinya akan sering bahkan setiap hari berinteraksi dengan banyak orang yaitu siswa-siswinya.
Untuk itu Public Speaking sangatlah penting bagi mahasiswa. Karena disaat presentasi kita membutuhkan keahlian tersebut untuk bisa menyampaikan apa yang telah ditugaskan dengan baik dan dapat diterima oleh teman-teman dan dosen. Bukan hanya dalam kelas, jika mahasiswa terjun di lingkungan masyarakat keahlian Public Speaking sangatlah penting karena mahasiswa dipandang oleh masyarakat orang yang pandai berbicara/berpidato.

Bukan hal yang mudah untuk membiasakn berbicara di depan umum, karena hal ini perlu keahlian dan kebiasaan. Untuk yang sudah terbiasa mungkin hal ini sudah bukan merupakan ketakutan, tetapi malah menjadi tantangan. Mengapa? Karena bagi mereka yang sudah terbiasa berbicara di depan umum akan lebih tertantang dan rasa ingin tahunya semakin tinggi, sehingga mereka terus belajar dan mengingat kesalahan yang telah diperbuat selama berbicara di depan umum. Kesalahan tersebut akan dijadikannya sebagai pelajaran untuk lebih baik dari sebelumnya.

Untuk bisa Public Speaking dengan baik dan benar langkah pertama sebagai mahasiswa kita harus sering latihan di rumah dan kita juga bisa mengikuti organisasi-organisasi yang ada di kampus maupun luar kampus. Mengikuti organiasasi secara aktif dengan tidak sengaja kita sudah melatih kemampuan Public Speaking. Karena dalam organisasi kita lebih sering berbicara dan sering berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga kepercayaan diri bisa muncul dengan sendirinya tanpa ada rasa gugup atau lain sebagainya.

Sebagai mahasiswa kita harus memiliki keahlian dalam bidang Public Speaking dan wajib melatih Public Speaking yang kita miliki, dengan adanya kesempatan jam terbang (berbicara sesering mungkin di depan umum) yang lebih banyak tidak menutup kemungkinan gaya bicara kita saat berada di depan umum akan lebih baik dan terlihat natural. Untuk menjadi mahasiswa yang lebih unggul dari yang lain keahlian Public Speaking ini dapat dijadikan senjata untuk mendapatkan nilai plus saat presentasi di kelas. Bukan hanya itu saja, mahasiswa sebagai generasi agen perubahan harus menguasai keahlian Public Speaking ini karena ide dan gagasannya sudah sepatutnya menjadi konsumsi publik.

Jadi, untuk menjadi agen perubahan yang progresif, tahan banting dan memiliki jaringan luas, sepertinya keahlian Public Speaking wajib dimiliki untuk menambah kualitas personal seorang mahasiswa. Alasan lainnya adalah karena setelah Mahasiswa tamat dalam tugas akademiknya, keahlian Public Speaking akan sangat berguna jika ingin popular di dunia karir profesional. (*)

*) Penulis adalah Mahasiswi IKIP PGRI Bojonegoro

No comments:
Write comments