Sunday, November 26, 2017

Persatuan Indonesia Bernafaskan Semangat Kebangsaan

    Sunday, November 26, 2017   No comments

Reporter: Monika


suarabojonegoro.com - Kader partai harus senantiasa menyebarluaskan ajaran-ajaran Bung Karno, terutama mengenai Ideologi Pancasila yang Bung Karno sampaikan pada sidang BPUPK pada 1 Juni 1945. Ajakan tersebut diungkapkan Pimpinan fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, SH., MH. saat Sosialisasi  4 Pilar MPR RI sekaligus pelantikan ranting se-Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, Minggu (26/11/2017).

“Ideologi  Pancasila adalah meja statis atau dasar pijakan sekaligus leitsar dinamis yakni suatu bintang penuntun arah berbangsa dan bernegara,” jelas Abidin Dalam pemaparannya di hadapan ratusan kader PDI Perjuangan di Desa Panemon. Abidin menjelaskan bahwa Pancasila mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai Pandangan hidup. Ideologi Negara, dasar filosofi, dasar Negara, sebagai jiwa dan kepribadian bangsa serta sebagai alat pemersatu bangsa.

Menyikapi kondisi Bangsa yang akhir-akhir ini acapkali ditemukan perilaku intoleransi, merupakan tantangan bagi para kader pengikut ajaran Bung Karno.  Oleh karena itu Abidin menyerukan, marilah semua segenap Bangsa Indonesia untuk saling mengaplikasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kini segenap anak bangsa harus kembali menginsyafi Pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 di hadapan Sidang BPUPK bahwa, persatuan Indonesia adalah sikap kebangsaan yang saling menghormati keberagaman bangsa Indonesia; dan menegaskan bahwa persatuan Indonesia bernafaskan semangat kebangsaan yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya. (Nik/Adv)

No comments:
Write comments