Wednesday, November 15, 2017

PT Pertamina Lubricants Luncurkan "Enduro Student Program" di Tiga Kabupaten

    Wednesday, November 15, 2017   No comments

Reporter: Arum Sekar

suarabojonegoro.com - PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional, melalui Sales Region V Wilayah Jawa Timur sinergi bersama PT Pertamina EP Asset 4 hari ini resmi meluncurkan program CSR unggulan.

Program unggulan itu dalam bentuk pelatihan dan kewirausahaan bengkel untuk tenaga muda produktif Indonesia yakni "Enduro Student Program" ditiga kabupaten, yakni Bojonegoro, Tuban dan Lamongan. Program tersebut dengan tema "Semangat Membangun Tenaga Muda Produktif Indonesia.

Peluncuran program ini ditandai dengan penandatangan Memorandum off Understanding (MoU) antara PT Pertamina Lubricants dan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Bojonegoro yang dilakukan oleh Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants Eko Ricky Susanto dan Kepala BLKI Bambang.

Selain itu, tanda simbolis permulaan program ditandai penyerahan perserta ESP kepada BLKI dengan penyematan seragam ESP oleh Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants Eko Ricky Susanto bersama dengan Corporate Secretary  PT Pertamina Lubricants Fitri Erika kepada perwakilan peserta.

Untuk wilayah Bojonegoro, Tuban dan Blora, ESP kali ini melibatkan 21 orang secara keseluruhan yang berprestasi, terdiri 9 orang dari area Tuban, 6 orang dari Bojonegorodan 6 orang dari Cepu. 21 peserta ini merupakan siswa lulusan dari 13 SMK jurusan otomotif terpilih yakni SMKN , SMKN 1 Jatirogo, SMK Migas Cepu, SMAN 1 Bangilan, SMK Muhammadiyah 2 Cepu, SMKN 1 Singgahan, SMK Harapan Bojonegoro, MA TBBB Jetak, SMAN 2 Cepu, SMKN Ngambon, SMU PGRI 3 Cepu, SMK 1 Purwosari, dan SMAN Tambakrejo.

Enduro Student Program (ESP) merupakan program Creating Shared Value (CSV), bagian dari Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Pertamina Lubricants yang telah resmi diluncurkan pada tahun 2016 dan merupakan program rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan.

ESP terdiri dari berbagai tahapan. Pertama, peserta akan mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) setempat selama 1 bulan. Setelah lulus dari BLKI, peserta melanjutkan program dengan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants dimana peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Padatahap ini, peserta benar-benar diajak terjun langsung secara real untuk belajar teknis keterampilan bengkel sepeda motor sekaligus belajar menjalankan bisnis bengkel skala kecil dan medium. Selanjutnya, setelah melalui proses magang selama 1 bulan, peserta akan dibekali dengan pelatihan wirausaha, pelatihan lingkungan dan perencanaan bisnis oleh para ahli dibidangnya dan dilakukan pendampingan dan konsultasi wirausaha.

Ini merupakan ESP yang dijalankan diwilayah ketiga dimana sebelumnya sudah diluncurkan pertama kali di Cilacap oleh Production Unit Cilacap (PUC) pada tahun 2016 dan d Gresik dan Lamongan oleh Production Unit Gresik (PUG) pada pertengahan 2017.

Sementara itu Relation Assistent Manager PT Pertamina EP, Panji Galih Anoraga, mengatakan para peserta yang ikut dalam program ini adalah para tenaga muda yang berada di sekitar wilayah operasi di Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

"Harapan kami melalui sinergi program CSR antar anak perusahaan Pertamina ini masyarakat di sekitar wilayah operasi mendapatkan manfaat yang lebih besar," kata Panji. (Rum/Lis)

No comments:
Write comments