Monday, November 6, 2017

Saatnya Remaja Hindari Pernikahan Dini

    Monday, November 06, 2017   No comments

Reporter: Arum Sekar

suarabojonegoro.com - Anggota DPRD Kab. Tuban, Andhi Hartanto, SPd. mengatakan bahwa generasi muda khususnya remaja di pedesaan bukan zamannya lagi untuk buru-buru menikah dini, kini saatnya mempersiapkan diri baik mental, pengetahuan maupun ekonomi sebelum membangun keluarga. Hal itu ia sampaikan dalam acara Komunikasi Informasi dan Edukasi Kreatif Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di desa Sumurjalak, Plumpang, Tuban, Minggu (05/11/2017).


Andhi menghimbau agar generasi muda dapat melakukan hal-hal positif agar terhindar dari pernikahan dini, HIV-AIDS dan bahaya narkoba. "Generasi muda harus menjadi pelopor kemajuan di desa-desa dan diharapkan dapat bergotong royong menciptakan lapangan kerja agar tidak banyak masyarakat yang pergi meninggalkan desa untuk mencari kerja," jelasnya.


Sementara itu H. Abidin Fikri, SH., MH. Anggota Komisi 9 DPR RI menyampaikan bahwa jumlah generasi muda di Indonesia sangatlah besar dan harus memberikan efek positif bagi pembangunan nasional di negeri ini.


"Yang menentukan kualitas generasi muda selain dari faktor pendidikan formal adalah peran keluarga, tempat mengawali kapasitas diri remaja, termasuk pendidikan karakter, sikap mental dan kompetensi diri adalah keluarga," tegas Abidin.


Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Jawa Timur, Dra. Sofia Hanik, MM menyampaikan keluarga adalah lingkungan utama dan pertama untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan pembentukan karakter remaja. Fungsi keluarga,  fungsi agama, fungsi cinta kasih,  fungsi reproduksi ditanamkan sehingga remaja dapat memahami dan ketika siap dapat merencanakan pernikahan dengan baik.


Dra. Hadi Jupri,  M. Ikom. dari Bappemas KB Kabupaten Tuban turut menyampaikan kesadaran masyarakat akan KB untuk pria juga harus makin digalakkan,  dengan demikian maka tanggungjawab membina keluarga dengan terencana diharapkan dapat semakin harmonis.


Selain dihadiri oleh kader PLKB,  perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Plumpang,  Bappemas KB Kabupaten Tuban, BKKBN Jawa Timur, acara ini dihadiri ratusan warga masyarakat di Kecamatan Plumpang, Tuban. (Rum) 

No comments:
Write comments