Monday, November 27, 2017

Seiring Perkembangan Situasi Nasional Pemahaman Ideologi Pancasila Harus Kuat

    Monday, November 27, 2017   No comments

Reporter: Monika


suarabojonegoro.com - Pemahaman Ideologi Pancasila harus dikuatkan seiring dengan perkembangan situasi nasional yang membutuhkan penguatan persatuan dan kesatuan bangsa. Pesan ini disampaikan Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, SH., MH. dalam Sosialisasi  4 Pilar MPR RI sekaligus Pelantikan Ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Balen di Desa Sobontoro, Bojonegoro, Minggu (26/11/2017)

Dalam acara ini Bapak H. Abidin Fikri, S.H., M.H memberikan pembekalan kepada kader-kader PDI Perjuangan dalam aspek ideologi Pancasila 1 Juni 1945. Anggota Komisi IX DPR RI tersebut memaparkan bahwa Pancasila 1 Juni harus dijadikan landasan dan panduan dalam kehidupan bermasyarakat. "Pancasila 1 Juni telah terang memberikan panduan bagi kita dalam bermasyarakat, prinsip yang penting adalah menyusun Indonesia Merdeka dengan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Prinsip Ketuhanan!" terang Abidin.

Lanjutnya, "Bukan saja bangsa Indonesia ber-Tuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya ber-Tuhan. Tuhannya sendiri. Yang Kristen menyembah Tuhan menurut petunjuk Isa al Masih. Yang Islam bertuhan menurut petunjuk Nabi Muhammad s.a.w. Orang Budha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang ada padanya. Tetapi marilah kita semuanya ber-Tuhan. Hendaknya negara Indonesia ialah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya dengan cara yang leluasa. Segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada “egoisme-agama”. Dan hendaknya Negara Indonesia atau Negara yang ber-Tuhan! Marilah kita amalkan, jalankan agama baik Islam maupun Kristen, dengan cara yang berkeadaban. Apakah cara yang berkeadaban itu? Ialah hormat-menghormati satu sama lain," Jelas Abidin Fikri.

"Jelas sekali panduan bagi kita segenap kader-kader Partai dalam mengaplikasikan toleransi dan menghormati keberagaman dan hak beribadah setiap Warga Negara," tegas Abidin Fikri. Abidin Fikri juga megajak para kader PDI Perjuangan untuk menyebarluaskan pemahaman ideologi kepada masyarakat luas, "Kita harus mampu membagikan pemahaman ini kepada keluarga, tetangga dan kepada setiap orang yang berinteraksi dengan kita di kehidupan sehari-hari agar Bangsa ini kuat dan solid persatuan nasionalnya," paparnya. (Nik/Lis)

No comments:
Write comments