Thursday, November 9, 2017

Workshop Bahasa Jawa Guru SD se Sumberrejo

    Thursday, November 09, 2017   No comments

Oleh: Gampang Prawoto

suarabojonegoro.com- Guru  sebagai ujung tombak dalam upaya mencerdaskan anak bangsa harus selalu berupaya meningkatkan kemampuannya baik sisi ilmu pengetahuan ataupun skil dalam metode pembelajaran ataupun dalam bidang materi ajar sebagai bekal menghadapi perkembangan dunia pendidikan itu sendiri yang       semakin hari maju, itulah yang disampaikan Kepala UPT Pendidikan wilayah VII  H. Sahari, M.Pd. saat memberikan sambutan pembukaan workshop guru SD kelas satu hingga kelas se kecamatan Sumberrejo enam di aula SDN Sumberrejo 1yang bertujuan pemahaman kurikulum Bahasa Jawa dan Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar.

Dr. Sukarni Kasi kurikulum SD saat membuka workshop Bahasa Jawa bagi guru SD se kecamatan Sumberrejo itu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan budi pekerti dan sopan santun para siswa. Mengingat diakui atau tidak, saat ini mentalitas siswa terutama terhadap adab sopan santun dan tata krama menurun drastis.

Lebih lanjut kepala kasi kurikulum SD mengingatkan, guru bidang studi Bahasa Jawa berbeda dengan guru yang lain. Pelajaran Bahasa Jawa sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai budaya Jawa yang adi luhung. Misalnya melalui dongeng pewayangan, lagu dolanan yang tepat untuk anak, juga melalui nasehat. Sehingga, saat ini memang tidak tepat jika pelajaran Bahasa Jawa hanya mengajarkan anak tentang hafalan nama-nama binatang, nama bunga, dan nama buah-buahan. Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan para peserta bisa mengikuti dengan baik. Sehingga bisa menjadi guru yang mumpuni. Lebih jauh pak Karni  panggilan akrab Dr. Sukarni  juga berharap, guru Bahasa Jawa bisa menjadi guru yang profesional, bisa menjadi teladan bagi siswa.

Ketua panitia penyelenggara Workshop Drs. H. Dardi mengatakan bahwa kegiatan  Workshop Bahasa Jawa merupakan implementasi Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2014 tentang Bahasa Jawa sebagai muatan Lokal untuk sekolah umum (SD, SMP, SMA) dan madrasah.  Workshop Kurikulum Bahasa Jawa dan Penguatan Pendidikan Karakter ini diselenggarakan oleh KKKS Kecamatan Sumberrejo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 8 Nopember 2017, bertempat di SDN Sumberrejo I. Dengan Peserta semua guru bersertifikasi pendidik profesional dari 41 lembaga SD negeri/Swasta sebanyak 155 guru sertifikasi. Dengan pemateri  H. Adjar Yulistiharjo, M.Pd. Kepala SD Negeri Deru Sumberrejo Bojonegoro, Emi  Sudarwati, S.Pd Guru Bahasa Jawa SMP 1 Baurno Baurno Bojonegoro,  Gampang Prawoto, S.Pd. Guru SD Negeri Pejambon  Sumberrejo Bojonegoro.

Dengan workshop ini pembelajaran bahasa daerah sebagai muatan lokal agar para peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut baik lesan maupun tertulis. Juga sebagai bentuk apresiasi karya sastra dan budaya daerah, dari kegiatan ini profesionalisme guru Bahasa Jawa serta menuntun anak didik pada budi pekerti yang luhur. (Gp/JW)

No comments:
Write comments