Thursday, December 14, 2017

Hadiah untuk Pelari Internasional Disediakan Tersendiri

    Thursday, December 14, 2017   No comments


BLORA, suarabojonegoro.com - Para pelari nasional maupun lokal Jateng tidak perlu khawatir kalah bersaing dengan pelari elit mancanegara yang akan mengikuti lomba lari Blora Medang Kamolan (BMK). Panitia lomba lari yang akan digelar Minggu (17/12) telah menyiapkan hadiah tersendiri jika pelari internasional tersebut memenangi lomba. Hadiah itu tidak akan mengurangi jumlah hadiah yang akan diperebutkan para pelari nasional dan lokal. ‘’Jadi tidak perlu khawatir. Hadiahnya sudah disiapkan terpisah. Untuk pelari dalam negeri hadiahnya sudah kami siapkan. Begitu juga dengan pelari mancanegara,’’ ujar Ketua Panitia Lomba Lari BMK Hery Sutiyono saat rapat koordinasi terakhir pelaksanaan lomba di GOR Kolonel Sunandar, Kamis (14/12).

Lomba lari BMK yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-268 Kabupaten Blora itu terbagi dalam dua kategori. Yakni kategori pelajar Jateng dan kategori umum. Kategori pelajar putri dan putri menempuh jarak lima kilometer. Sedangkan kategori umum putra dan putri berjarak 11 kilometer. ‘’Untuk yang 5 kilometer startnya dari GOR Mustika dan finis di Pasar Gabus Kamolan. Sedangkan 11 kilometer, start dari depan Puskesmas Medang dan finis di Pasar Gabus Kamolan,’’ kata Hery Sutiyono.

Menurut Hery Sutiyono, di kategori umum itulah beberapa pelari elit dunia dari negara Kenya akan turut serta. Panitia menyediakan hadiah uang dengan total Rp 77,5 juta. Dari jumlah tersebut, Rp 10 juta diantaranya merupakan hadiah yang disiapkan jika pelari mancanegara memenangani lomba. ‘’Awalnya kami menyediakan total hadiah sebesar Rp 67,5 juta. Namun kemudian kami tambah lagi hingga menjadi Rp 77,5 juta, yakni Rp 10 juta diperebutkan pelari mancanegara dan Rp 67,5 juta untuk para pemenang dari dua kategori pelari-pelari dalam negeri,’’ tandasnya.

Dengan pemisahan hadiah tersebut diharapkan makin banyak lagi pelari lokal yang akan mendaftar mengikuti lomba yang baru kali pertama digelar di Blora tersebut. Hery Sutiyono mengungkapkan jumlah pendaftar hingga kemarin mencapai sekitar 500 orang. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah karena pendaftaran masih akan dibuka hingga Sabtu (15/12). Pendaftaran dipusatkan di Kantor KONI di jalan Kolonel Sunandar atau via emailtiarsusabda@gmail.com dan melalui WA di nomor 082219070772.

Sementara itu, mulai kemarin para peserta yang telah mendaftarkan mengikuti pemeriksaan kesehatan. Merekapun mendapatkan nomor dada dan kaos yang telah disiapkan panitia.

Lomba lari BMK-11 K ini digagas untuk menggugah kembali memori sejarah masa silam Blora yang dimasa lampau terkenal dengan sebutan Kadipaten Medang-Kamolan. Karena itu tema yang diambil dalam lomba tersebut adalah Berlari Melihat Blora. ‘’Lomba ini baru kali pertama digelar di Blora. Mudah-mudahan terlaksana dengan baik dan menjadi embrio bagi lomba sejenis di tahun-tahun berikutnya yang lebih besar lagi,’’ kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) H Kunto Aji. (Koni)

No comments:
Write comments