Wednesday, December 27, 2017

Pengemudi Perahu Penyeberangan Sungai Begawan Solo Dapat Pelampung

    Wednesday, December 27, 2017   No comments

Reporter: Monika

suarabojonegoro.com - Menjelang tahun baru 2018, jumlah penumpang alat transportasi sungai berupa perahu tradisional di Kabupaten Bojonegoro diprediksi akan mengalami peningkatan.

Untuk meningkatkan keselamatan dan keamaan para pengemudi perahu tradisional dan penumpang di Tanbangan (penyeberangan) sungai bengawan solo, Dinas Perhubungan Bojonegoro bersama Polres Bojonegoro dan BPBD Bojonegoro, pada Rabu (27/12) siang memberikan Life Jacket (Pelampung) kepada pengemudi Perahu tradisonal.

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs. Iskandar MSi, yang turun langsung mendatangi pengemudi perahu bersama Kasat Sabhara Polres Bojonegoro dan anggota, di TBS (Tambangan Bengawan Solo) kota Bojonegoro mengatakan bahwa, kegiatan itu untuk mensosialisasikan keselamatan angkutan sungai kepada pengemudi perahu.

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs. Iskandar MSi bersama Kasat Sabhara
juga menyampaikan cara dan memakaikan pelampung yang baik dan benar kepada pengemudi perahu, supaya mereka terbiasa menggunakan peralatan pengaman.

"Pelampung ini agar selalu dipakai saat anda beroperasi, jangan ditaruh apalagi ditinggal di rumah," kata Drs. Iskandar. MSi, saat memberikan pelampung kepada pengemudi perahu.

Dalam Kesempatan yang sama, Kasat Sabhara Polres Bojonegoro, AKP Syabain, juga menyampaikan hal yang sama, untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang, beliau menghimbau kepada pengemudi perahu untuk lebih peduli dan memperhatikan jumlah penumpang yang hendak naik perahu.

"Perhatikan kapasitas perahu, kalau perahu hanya muat 10 orang ya jangan dipaksa untuk  muat lebih dari 10 biar tidak terjadi musibah, dan yang paling penting perhatikan setiap penumpang, apabila ada yang mencurigakan segera lapor kepada pihak kepolisian," pesan Kasat Sabhara AKP Syabain.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro, saat kami konfirmasi menyatakan bahwa, kegiatan itu merupakan kerja sama antara Polres dengan Dishub Bojonegoro untuk mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran para pengemudi perahu. Sehingga dapat meminimalisir korban tenggelam apabila terjadi kecelakaan dalam penyeberangan akibat penumpang tidak bisa berenang.

"Kegiatan itu dilakukan karena banyak pengemudi perahu mengabaikan prosedur keselamatan. Sehingga kedepan dengan pembagian Pelampung, pengemudi kita harapkan lebih sadar akan keselamatan pribadi maupun penumpang," kata Kapolres.

Ada sebanyak 300 pelampung yang dibagikan oleh Kadishub Bojonegoro bersama Kasat Sabhara, pembagian pelampung sendiri dimulai dari Tambangan (penyeberangan) yang berada di Bendung Gerak Kecamatan Kalitidu hingga Tambangan Kedungarum Kecamatan Baureno. (Nik/Lis)

No comments:
Write comments