Kamis, 25 Januari 2018

Penjaga Rel KA Tak Berpalang Pintu, Menjaga Keselamatan Penyeberang Rel

    Kamis, Januari 25, 2018   No comments

Reporter: Adib Amrullah

suarabojonegoro.com - Rel kereta api tak berpalang pintu yang berada di dusun Sumber desa Sumberrejo Kecamatan Sumberrejo,  Bojonegoro adalah termasuk dari salah satu di antara sekian banyak penyeberangan rel kereta api yang tidak berpalang. Pekerjaan ini memang dipandang sebelah mata,  namun juga membantu menjaga keselamatan pengguna jalan saat melintas dibRel tak berpalang pintu ini.

Dalam penjagaanya masyarakat melakukannya secara swadaya.
Seperti yang di katakan oleh Sutaji salah seorang dari penjaga palang pintu tersebut bahwa penjagaan di sini di lakukan oleh warga sendiri yaitu swadaya dari masyarakat dan dari desa

 "Dana dari desa perbulannya 400ribu di tambah iuran seikhlasnya dari warga" tutur pria tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa iuran juga mereka dapatkan ketika ada kendaraan lewat tetapi unsurnya seikhlasnya bukan paksaan.

Zaiydi Kasun dusun Sumber juga mengatakan bahwa penjagaan palang pintu ini berawal ketika adanya peraturan jika perlintasan yang tidak ada palang pintunya harus di tutup, dari situ muncul inisiatif agar di jaga oleh warga sendiri.

"Aturannya harus di tutup, tapi apabila di tutup kami akan tetisolir"  tuturnya.

Harapan dari penjaga pintu seperti ini hanyalah keselamatan tanpa mengharapkan apa-apa dari pemerintah, mereka bekerja secara ikhlas " jika ada ya kami terima, itung-itung cari amal" kata penjaga tersebut. (Bid/Red)

Tidak ada komentar:
Write komentar