Friday, January 5, 2018

Polres Bojonegoro Gelar Apel dan Simulasi Pengamanan Pilkada 2018

    Friday, January 05, 2018   No comments


suarabojonegoro.com - Untuk menunjukkan kesiapan dan keseriusannya dalam memberikan pengamanan terbaik pada Pilkada 2018, Kepolisian Resort Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja dan Simulasi Sispamkota Pilkada 2018 di Alun alun Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (05/01/2017).

Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja diikuti oleh seluruh anggota Polres dan Polsek, anggota Polisi Militer, Anggota Kodim, anggota Brimob, Tim Jibom, Satpol PP, Panwaslu, nggota KPUD dan dihadiri oleh Forkopimda, Kapolsek Jajaran, Danramil, Camat, Ketua Partai dan Tokoh Masyarakat.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro dalam amanatnya saat memimpin apel menyampaikan bahwa, dilaksanakannya Apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya serta keterpaduan unsur lintas sektoral terkait.

"Perkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI, dan segenap komponen masyarakat untuk mengamankan seluruh rangkaian proses ajang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018," pesan Kapolres, AKBP Wahyu S Bintoro.

Setelah pelaksanaan apel dilanjutkan dengan simulasi seluruh rangkaian proses ajang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, mulai dari Pendaftaran Paslon, Penetapan Paslon dan Pengundian Nomor, Kampanye terbuka, Masa tenang, Pendistribusian Kotak Suara, dan Pemungutan Suara yang dilakukan seperti benar benar nyata.

Pada simulasi tahap Kampanye hingga pemungutan suara, diperagakan situasi yang mulai memanas, pengerahan massa dari massa melakukan aksi damai, hingga aksi yang mulai sulit dikendalikan dan massa cenderung bertindak lebih anarkis. Bahkan dalam peragaan, juga dipertontonkan aksi kejar kejaran Polisi dengan kawanan penculik Calon Bupati. Penanganan aksi massa yang sesuai prosedur pun diperagakan oleh Polres Bojonegoro beserta unsur keamanan terkait.

"Simulasi ini kami tunjukkan kepada masyarakat, bahwa kami siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama Pilkada 2018 berlangsung,” ucap Kapolres kepada kami, setelah peragaan berakhir.

Agar pelaksanaan Pilkada 2018 dapat berlangsung lancar dan aman. Melalui media ini, Kapolres Bojonegoro meminta kepada seluruh elemen dan tokoh masyarakat untuk ambil bagian dengan cara menyampaikan pesan positif dan tidak provokatif kepada masyarakat. (Nik/Lis)

No comments:
Write comments